Wagub Payakumbuh Lepas Elang Almajid Menuju Pertemuan Nasional

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Wagub Payakumbuh Lepas Elang Almajid Menuju Pertemuan Nasional

Kamis, 11 Juli 2019

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz melepas Ketua Forum Anak Kota Payakumbuh, Elang Almajid menuju Pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) di Balai Kota Payakumbuh, Kamis (11/7). Erwin menegaskan, Pemko akan terus mendukung keberadaan Forum Anak dan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk pembinaan dan perlindungan anak.

"Pertama, selamat untuk Elang yang sudah terpilih mewakili Sumbar ke pertemuan FAN. Semoga perjalanan dan kegiatannya berjalan dengan lancar serta diberkahi Allah SWT," ujar Erwin saat menyambut Elang di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut, Erwin menegaskan, sebagai Kota Layak Anak, Payakumbuh akan terus memberikan perhatian khusus terhadap potensi anak-anak. "Alhamdulillah, karena memang prestasi anak-anak Payakumbuh ini tidak lepas dari keterlibatan pemerintah dalam pembinaan. Tentu juga dukungan dari orang tua, sekolah, dan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Erwin melihat, potensi anak-anak Payakumbuh sangat besar sehingga perlu terus dibina dan diarahkan. "Potensi anak-anak kita ini sangat besar. Mereka adalah calon-calon pemimpin bangsa yang perlu kita lindungi dan fasilitasi agar kehidupan mereka selalu terarah dan berhasil menggapai impiannya," ucapnya.

Ketua Forum Anak Kota Payakumbuh Elang Almajid merasa senang dan bersyukur bisa mengikuti pertemuan skala nasional ini. "Tentu saya senang karena sebenarnya saya sudah bergabung dengan Forum Anak ini sejak 2014.  Kesempatan ini saya lihat sebagai bonus saja karena selama ini telah banyak berkegiatan dan memperjuangkan hak-hak anak," tuturnya.

Siswa SMAN 2 Payakumbuh itu bertekad akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat memperjuangkan hak-hak anak dan membangkitkan potensinya. "Selama setahun ke depan masih banyak tugas saya sebagai ketua untuk membina dan membimbing teman-teman. Alhamdulillah, selama ini Pemko terutama melaui Dinas DP3AP2KB selaku memberikan dukungan penuh. Banyak kegiatan-kegiatan kami didanai oleh dinas baik yang formal seperti pertemuan anak dan penyuluhan narkoba maupun yang non formal seperti buka puasa bersama dan pengumpulan dana untuk korban bencana," tutur Elang.

Sementara itu Kepala Dinas DP3AP2KB Payakumbuh melalui Kabid Perlindungan Anak Hermanto menyampaikan, Pemko terus mendukung keberadaan Forum Anak baik secara moral maupun anggaran. "Karena Forum Anak ini merupakan salah satu indikator Kota Layak Anak. 

Dimana pembangunan yang dilakukan Pemko juga memperhatikan hak-hak anak. Hak-hak mereka diwadahi melalui forum ini untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah sehingga hak-hak mereka terpenuhi dan turut berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Payakumbuh," ujarnya.

Hermanto optimis, dengan berbagai program dan kegiatan yang dilakukan Pemko terhadap anak-anak Payakumbuh selama ini, akan menaikkan peringkat Kota Payakumbuh dalam penilaian Kota Layak Anak. "Untuk penilaian Kota Layak Anak 2019 ini, mudah-mudahan bisa naik dari tingkat Pratama menuju Madya. Kita tunggu saja pengumumannya dalam peringatan Hari Anak Nasional nanti," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, FAN 2019 merupakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional yang akan digelar pada 19-22 Juli di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Direncanakan, Presiden Jokowi akan hadir pada puncak peringatan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2019. Malamnya digelar penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak yang akan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Yohana Yembise. Hingga Juni, sudah ada 432 kabupaten/kota yang menginisiasi diri sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak termasuk Kota Payakumbuh.(ah)