Ada Usulan Pelajar Dilibatkan Jaga Perlintasan KA

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Ada Usulan Pelajar Dilibatkan Jaga Perlintasan KA

Selasa, 06 Agustus 2019
Wagub Nasrul Abit foto bersama dengan pelajar dan lainnya

Padang, fajarsumbar.com - Dengan masih adanya perlintasan yang memotong jalur kereta api di Sumatera Barat, terutama pada jalur Padang-Pariaman, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengusulkan agar pelajar ikut dilibatkan untuk menjaga palang pintu perlintasan kereta api tersebut.

“Jika hanya mengandalkan personil dari pihak kereta api untuk menjaga, kita rasa itu tidak maksimal. Perlintasan sebidang liar saja mencapai 531 titik,  yang terjaga baru 176 titik. Maka dari itu kita sangat butuh bantuan masyarakat dan pelajar” sebut Wagub pada sekitar 150 siswa yang mengikuti Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas di Perlintasan Sebidang Kereta Api, di Hotel Pangeran Beach, Padang, Selasa (6/8/2019). 

Sebagai pelopor keselamatan lalu lintas, menurut Nasrul Abit pelajar mesti diikutkan dalam menjaga. Namun tidak disemua palang pintu, mungkin khusus yang akses menuju sekolah atau sekolah yang dekat dengan perlintasan sebidang. 

“Kami  minta pihak kereta api membagikan jadwal perjalanan kereta api ke sekolah dan masyarakat,  agar jadwal piket bisa disusun pelajar dan pemuda” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi mengingatkan, pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.

“Secara tegas disampaikan kembali, kita akan menutup perlintasan liar sebidang” ujarnya. 

Data kecelakaan diperlintasan sebidang di Sumbar dari 2016 sampai dengan Juni 2019 tercatat korban meninggal dunia sebanyak 24 orang dan luka-luka sebanyak 39 orang. (fadli)