Bekerjasama dengan Puskesmas, Bhayangkari Payakumbuh Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Bekerjasama dengan Puskesmas, Bhayangkari Payakumbuh Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini

Kamis, 15 Agustus 2019
Bhayangkari Payakumbuh

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 67, Bhayangkari Payakumbuh bekerja sama dengan Puskesmas Padang Karambia menggelar kegiatan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini potensi kanker serviks (leher rahim) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis) untuk mendeteksi kanker payudara. Kegiatan digelar di Puskesmas Padang Karambia, Payakumbuh Selatan, Kamis (15/8).

"Ada sekitar 50 orang anggota Bhayangkari Payakumbuh termasuk dari ranting atau Polsek yang mengikuti kegiatan ini," ujar Pengurus Bhayangkari Payakumbuh Dian Akno Pilindo. 

Selain untuk mendeteksi potensi kanker serviks dan payudara pada anggota Bhayangkari, kegiatan IVA dan Sadanis ini juga untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap bahaya kedua penyakit tersebut.

"Semoga masyarakat terutama kaum ibu lebih waspada terhadap penyakit ini. Masih dalam rangka HKGB, besok kami juga menggelar kegiatan baksos untuk warga kurang mampu di Polres dan membantu pengurusan akta kelahiran bagi keluarga yang tidak mampu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Padang Karambia Liza Hanafiah mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Bhayangkari Payakumbuh. "Kami sangat antusias dan sangat mendukung kegiatan ini  karena kegiatan ini sangat positif dan sejalan dengan pencapaian program dan SPM terkait kanker leher rahim," ujarnya.

Untuk memfasilitasi kegiatan Bhayangkari ini, Liza menyiapkan 5 petugas untuk melakukan pemeriksaan dan 5 petugas juga untuk mengurus registrasi ataupun administrasi. "Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan terus berkesinambungan di masa datang," ucapnya.

Mengingat kanker mulut rahim (serviks) merupakan penyakit kedua terbanyak di Indonesia, Liza mengimbau masyarakat khususnya kaum perempuan untuk proaktif untuk mendeteksi potensi kanker leher rahim. "Harapan kami, semua ibu-ibu di Kota Payakumbuh bisa melakukan pemeriksaan IVA sehingga terbebas dari kanker leher rahim. Datang saja ke Puskesmas, gratis," katanya.