Berjuang Jadi Tuan Rumah Bersama Porprov 2022

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Berjuang Jadi Tuan Rumah Bersama Porprov 2022

Kamis, 15 Agustus 2019

Padang Panjang,fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi bersama Walikota Padang Panjang Fadly Amran Dt. Paduko Malano, Rabu Malam (14/08/2019) tandatangani nota kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dengan Pemerintah Kota Padang Panjang dalam rangka persiapan sebagai tuan rumah Porprov XVII tahun 2022 di rumah dinas walikota Padang Panjang.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Padang Panjang Asrul, Wakil Ketua Sementara DPRD Tanah Datar Istiqlal, Sekda Padang Panjang Sonny Budaya Putra, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tanah Datar Mukhlis, jajaran kedinasan se-Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar, ketua KONI kabupaten Tanah Datar Donny Eka Putra dan kota Padang Panjang serta insan olahraga lainnya.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran di kesempatan itu menyampaikan bahwa penandatanganan nota kesepakatan antara kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar ini merupakan langkah awal dalam upaya untuk menjadi tuan rumah bersama Porprov tahun 2022 dan berharap para insan olahraga se-Sumatera Barat melihat tekad dan komitmen kita.

"Rencana untuk menjadi tuan rumah bersama pada event olahraga ini saya yakini sangat banyak manfaatnya baik bagi masyarakat Padang Panjang maupun kabupaten Tanah Datar," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa komitmen bersama ini untuk mewujudkan sebuah harapan dan keinginan seluruh masyarakat untuk menggelar sebuah event besar yang sudah sekitar 20 tahun terakhir tidak pernah ada lagi digelar baik di Padang Panjang maupun Tanah Datar. Untuk itu kami yakin dalam penyelenggaraannya nanti hasilnya pasti akan jauh lebih maksimal.

"Beberapa waktu lalu kami juga sudah duduk bersama dan membicarakan tentang bagaimana acara pembukaannya kalau ini benar-benar bisa terlaksana, alhamdulillah sudah ada solusinya dan kami mengapresiasi. Kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh jajaran, Alhamdulillah tidak ada permasalahan karena apapun bentuknya kegiatan ini antara Padang Panjang dan Tanah Datar tidak bisa dipisahkan," kata Fadly lagi.

Selain itu pemerintah daerah bersama KONI juga sudah mempersiapkan venue buat cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Padang Panjang, nanti juga akan dibangun sebuah kawasan sport village dan sport center. Selain itu sebuah gedung multifungsi juga akan dibangun dan letaknya berada di perbatasan Padang Panjang dengan Tanah Datar.

Sementara Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi di kesempatan yang sama menyampaikan telah terjadi beberapa kesepakatan dan tidak ada yang perlu diragukan lagi, tinggal lagi bagaimana Parpora dan KONI dan menyusun lebih konkrit lagi dan mempersiapkan segala sesuatunya secara teknis.

“Kita juga telah membicarakan soal pembukaan dan penutupan, dan semuanya sudah clear dan disepakati bahwa upacara pembukaannya di Tanah Datar sementara malam resepsinya dilaksanakan di kota Padang Panjang.

"Soal penutupan dan cabang olahraga dimana mau dihelat nanti kita bisa atur, namun yang paling penting kita harus bertekad bahwa tuan rumah bersama antara kabupaten Tanah Datar dan kota Padang Panjang harus bisa membuat sejarah bahwa Porprov tahun 2022 nanti sulit ditandingi dengan perhelatan Porprov - Porprov berikutnya. Tentu karena berdua yang menyelenggarakan, sendiri aja orang bisa apalagi ini berdua," tukas bupati.

Lebih lanjut Bupati Irdinansyah mengatakan keinginannya bahwa saat menjadi tuan rumah bersama nanti tidak hanya pembukaan dan penutupannya saja namun yang lebih penting lagi seluruh penyelenggaraannya juga harus lebih baik dalam kata lain kita ingin menjadi tuan rumah yang baik.

Bupati Irdinansyah juga menyampaikan bahwa untuk menjadi tuan rumah bersama ini telah banyak dukungan terutama dari para tokoh dan perantau. Dan beberapa yang telah menyatakan dukungan langsung adalah perantau Jakarta, Medan, Riau dan Kepri, Jawa Barat dan beberapa daerah lainnya.

"Saya juga berkeinginan pada pengambilan api Porprov nanti yang selama ini biasanya dari Pariangan langsung dibawa ke Padang dan paling berhenti sebentar di Padang Panjang, namun nanti kita minta api Porprov diarak dulu sekeliling Tanah Datar dan kota Padang Panjang baru dibawa ke Padang lalu diarak keliling Sumatera Barat, dengan demikian upaya kita dalam menularkan semangat dalam berolahraga akan lebih baik lagi," harap Irdinansyah. (adek)