Bupati Irdinansyah Dukung Rencana Pembangunan Emersia Wonderland

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Bupati Irdinansyah Dukung Rencana Pembangunan Emersia Wonderland

Selasa, 06 Agustus 2019

Bandar Lampung, fajarsumbar.com - Emersia Group akan mengembangkan satu destinasi wisata baru di Kabupaten Tanah Datar, dengan membangun, objek pariwisata bertaraf internasional "Emersia Wonderland". Konsep ini merupakan perpaduan; tourism, education, fun and games, yang banyak dikembangkan di negara lain, namun dalam versi yang lebih lengkap.

Manajemen Emersia Hotel merencanakan pembangunan Emersia Wonderland di Batusangkar, tujuan utamanya dalam rangka mendukung peningkatan kunjungan wisatawan sekaligus membuka peluang peningkatan ekonomi kerakyatan. Program ini diharapkan dapat menjadi stimulan bagi pengembangan objek wisata yang ada baik dari dalam, maupun luar Sumatera Barat seperti dari provinsi tetangga. 

Hal ini dibenarkan Managing Director Emersia Group Budi Rahman seusai melakukan persentasi di hadapan Bupati Tanah Datar, Minggu (04/08/2019) di ruang meeting hotel Emersia Bandar Lampung. 

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa konsep dari Emersia Wonderland adalah memadukan antara attraction, games, education dan fun, sehingga wisatawan yang datang, terutama untuk anak-anak karena di situ juga ada education yang kita tawarkan kepada mereka seperti adanya planetarium, 5D Simulator, kemudian ada laboratorium untuk pembelajaran di samping juga ada tanaman hidroponic. 

“Intinya wahana ini menyediakan berbagai zona, atraksi dan permainan yang akan dipadukan dengan pendidikan dalam suasana kegembiraan,” tukas Budi. 

Dari semua rencana besar ini, pihak manajemen Emersia mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sehingga niat baik ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Karena tujuannya adalah murni untuk membangun Tanah Datar terutama bidang pariwisata.

Budi juga mengatakan bahwa rencana pengembangan Emersia Wonderland ini tidak hanya sekedar untuk hiburan atau tempat bermain semata, namun lebih dari itu bisa dimanfaatkan anak anak sekolah menunjang pendidikan.

Sementara Hj. Merrywati mengatakan, ternyata hotel Emersia saja belum cukup ampuh membuat wisatawan berlama-lama tinggal di Batusangkar. Untuk itu perlu kiat lain, salah satunya pengembangan objek baru yang lebih diminati semua usia. Emersia Wonderline diharapkan bisa membuat para wisatawan betah di Tanah Datar. 

Merywati menegaskan, konsep ini dikembangkan termasuk membangun hotel di Batusangkar dilakukan semata-mata karena rasa cintanya terhadap kampung halaman.

Hj. Merry lebih jauh mengungkapkan, demi kelancaran program ini, beberapa kendala kecil, namun sangat perlu diperhatikan, terutama oleh jajaran pemerintahan seperti dukungan masyarakat setempat, tentang keamanan, dan kelancaran pasokan bahan baku, hingga tidak terjadi pengulangan kendala seperti saat membangun hotel Emersia.

Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi sebelumnya dalam forum diskusi ini mengatakan bahwa pemerintah siap mendukung rencana besar dari manajemen Emersia. 

"Pemda Tanah Datar, akan memfasilitasi sesuai kewenangan; dan mendukung penuh setiap investor yang ingin mengembangkan usahanya di luhak nan tuo, "kalau indak cukuik jo niru, jo karpet merah kami tampuang", ungkap Irdinansyah.

Terkait dengan kendala yang mungkin saja dapat mengganggu kelancaran program ini, "Pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasinya," janji Bupati. (adek)