Dharmasraya Bakal Helat Alek Akbar Kebudayaan, Ini yang Ditampilkan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Dharmasraya Bakal Helat Alek Akbar Kebudayaan, Ini yang Ditampilkan

Selasa, 13 Agustus 2019
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan

Dharmasraya, fajarsumbar.com - Alek akbar kebudayaan, dihelat  Pemkab Dharmasraya bakal dilaksanakan mulai 22 Agustus 2019 sampai 7 Januari 2019. Berbagai kegiatan akan digelar dalam kurun waktu tersebut. Pasalnya diadakannya festival Pamalayu didasari oleh  ekspedisi pamalayu diselenggarakan pada abad pertengahan.

Menurut Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan bahwa launching festival Pamalayu akan dilaksanakan di musium nasional. Dikarenakan ada bukti sejarah Pamalayu ditempatkan di musium nasional tersebut, yakninya archa bhairawa setinggi empat meter.

Selain itu, launcing dilaksanakan tersebut, memiliki gezah, dan gaungan bergema diseluruh nusantara.

"Kita bisa libatkan media massa nasional, baik cetak, online maupun televisi. Sebab pesta budaya ini harus dipublikasikan secara nasional supaya mempunyai dampak ekonomi yang besar bagi Dharmasraya," sebut raja muda Kito besar itu

Adapun, dalam agenda festival Pamalayu, akan diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti menggali sejarah Dharmasraya dengan bentuk kegiatan lomba menulis jurnalistik, lomba membuat flog dan lomba photo. Dalam kegiatan ini juga akan diadakan workshop heritage dan jurnalis trip serta seminar. Kesemuanya digelar di Dharmasraya dengan fokus menggali sejarah Dharmasraya terkait dengan ekspedisi Pamalayu.

Kegiatan kedua adalah kegiatan mengangkat budaya Dharmasraya ke permukaan, antara lain pagelaran pameran artefak, pagelaran kesenian dan teater sejarah, permainan anak nagari dan pawai budaya. Kegiatan ini akan mencapai puncaknya pada peringatan hari jadi Kabupaten Dharmasraya 7 Januari 2020.

 "Jadwal masih bersifat tentatif. Nanti kalau sudah ada jadwal tetap, maka akan kami umumkan," sebut Kabag Humas Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo, S.PKP. (syaiful hanif)