Jika Hujan, Shalat Ied Idul Adha Pindah ke Masjid Raya Sumbar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Jika Hujan, Shalat Ied Idul Adha Pindah ke Masjid Raya Sumbar

Kamis, 08 Agustus 2019
Masjid Raya Sumbar

Padang, fajarsumbar.com - Bila tidak halangan, pelaksanaan shalat idul adha 1440 H/ 2019 M akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Sumbar, namun jika situasi tidak memungkinkan, seperti hujan, maka pelaksanaan dialihkan ke Mesjid Raya Sumbar. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Humas Setda Prov. Sumbar, Jasman,Kamis (8/8/2019) di ruang kerjanya.

Dia mengatakan, shalat idul adha akan dimulai pukul 07.00 WIB, dan akan diawali dengan laporan Ketua PHBI Sumbar, Alwis dan sambutan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. 

"Tahun ini yang bertindak sebagai imam adalah Bapak Bakri, SIQ, S.Ag, M.Pd.I. Sedangkan khatib akan disampaikan oleh Bapak DR.H. Syukri Iska, M.Ag" terangnya.

Usai pelaksanaan shalat, juga akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban dari Gubernur, Wagub, Sekda serta seluruh kepala SKPD Prov Sumbar sebanyak 7 ekor sapi di komplek Gubernuran, jln. Jend. Sudirman, Padang. 

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Dinas Peternakan dan Keswan Sumbar, jumlah hewan kurban tahun ini diperkirakan sebanyak 46 ribu ekor, dimana jumlah hewan tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah hewan kurban tahun 2018.

Selain itu, untuk pasokan hewan kurban tahun ini didatangkan dari Pesisir Selatan, Dharmasraya dan Solok Selatan serta beberapa daerah lain di Sumbar dan juga dari luar Sumbar. 

Sebelumnya, Pemerintah sudah menetapkan hari raya idul adha jatuh 11 Agustus 2019, melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI di Jakarta, Kamis (1/8/2019).(fadli)