Musim Hujan Jalan Didepan Dinas PUPR Pasbar Tergenang Air

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Musim Hujan Jalan Didepan Dinas PUPR Pasbar Tergenang Air

Jumat, 16 Agustus 2019

Beginilah kondisi jalan Jati,  Persis disimpang depan Kantor Dinas PUPR Pasbar bila hujan turun. Kondisi tersebut sudah berselang bertahun-tahun lamanya, tanpa ada perhatian. (Ist)

Pasbar, fajarsumbar.com

Seminggu terakhir,  Pasaman Barat sering diguyur hujan lebat disertai badai.  Kendati belum terdengar kabar terjadi banjir besar,  akan tetapi sejumlah ruas jalan tergenang air.  Sehingga rawan terjadi kecelakaan.  

Salah satunya di daerah Jati,  Nagari Lingkung Aua,  persisnya didepan kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat.  

Bukan kali ini saja air yang tergenang disana, tepat di simpang Pengadilan Negeri.  Tapi sudah bertahun tahun lamanya.  Yang mengalami kecelakaan akibat genangan air itu juga sudah tidak sedikit.  


Tapi,  naas kondisi tersebut tak pernah menjadi perhatian.  Hampir dipastikan,  seluruh pegawai Dinas PUPR menyaksikan kondisi jalan itu dikala hujan,  apalagi Kepala dinasnya. Miris,  entah tidak tanggap,  atau pura-pura tidak tahu, genangan air tetap bertahan disana berhari-hari lamanya kendati hujan sudah tidak turun.  


Pantauan media ini,  penyebab genangan air yang berada ditikungan manis itu,  akibat tidak  adanya drainase jalan.  Sementara kondisi areal lahan disekitar yang cekung.  Jadilah air menggenang,  setiap saat mengancam pengendara.  


Salah seorang pengendara,  Riko menyebutkan,  Ia selalu was-was bila melintasi jalan itu.  Sebab,  karena air menggenang kenderaan dari arah berlawanan sering mencuri jalan. "Kenderaan yang datang dari arah Rumah Sakit Yarsi sering mencuri jalan,  Mereka menggelakkan air yang tergenang.  Sehingga kita yang datang dari arah Kampung Cubadak sering terkejut.  Bila tidak waspada,  Kecelakaan terjadi, " katanya.  


Kata Riko,  Ia juga heran,  Kenapa pemerintah daerah membiarkan kondisi tersebut terjadi,  bahkan sudah bertahun tahun lamanya.  Padahal persis berada didepan Kantor Dinas PUPR.  "Ngak mungkin mereka tidak merasakan kewaspadaan ketika melintas jalan ini.  Atau kurang peka juga, "imbuhnya.  (Andika)