Myanmar Gagal Lewati Indonesia pada Piala AFF U-18

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Myanmar Gagal Lewati Indonesia pada Piala AFF U-18

Selasa, 13 Agustus 2019
Sporter Indonesia.

Jakarta, fajarsumbar.com – Myanmar hanya mampu menang dengan skor 2 - 0 atas Brunei Darussalam dalam matchday keempat Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) U-18 di Vietnam pada Senin (12/8/2019) malam.

Meskipun hanya unggul dua gol atas Brunei Darussalam, hasil tersebut telah cukup untuk memastikan Myanmar mendampingi Indonesia lolos ke semifinal. Pada Senin sore ini, Indonesia memastikan lolos ke semifinal mengatasi Laos dengan skor tipis 2 - 1.

Indonesia dan Myanmar sama-sama telah mengoleksi nilai 12 atau nilai sempurna hasil menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan.

Garuda Nusantara yang dilatih Fakhri Husaini berhak mengisi slot teratas klasemen sementara Grup A berkat keunggulan selisih gol 16 berbanding 8 dengan Myanmar.

Kedua tim akan bertemu pada Rabu (14/8/2019) sore untuk menentukan posisi juara dan runner up Grup A. Jika imbang, Indonesia tampil sebagai juara Grup A.

Indonesia bisa disebut menang susah payah atas Laos. Bahkan Laos lebih dahulu membuka skor pada menit ke-70 melalui kontribusi Alounnay Loulansy.

Beruntung, hanya 2 menit kemudian skuat Garuda Nusantara sukses mencetak gol balasan melalui Amiruddin Bagus Kahfi.

Gol kemenangan Indonesia akhirnya muncul ketika pertandingan telah memasuki injury time, itu pun akibat gol bunuh diri pemain Laos Anoulack Vannalath sehingga skor akhir 3-1 untuk kemenangan anak asuh Fakri Husaini.

Di semifinal, juara Grup A akan berhadapan dengan salah satu dari Australia, Malaysia, atau tuan rumah Vietnam.

Australia, Malaysia, dan Vietnam memang bersaing ketat untuk lolos ke semifinal setidaknya sebagai runner-up Grup B.

Dalam pertandingan matchday ketiga Grup B pada Minggu (11/8/2019), ketiga tim tersebut mencatat kemenangan dengan masing-masing mencetak tiga gol.

Australia mempecundangi Thailand 3 - 1, Malaysia menghantam Kamboja 3 - 0, sedangkan Vietnam menghabisi Singapura juga dengan skor telak 3 - 0.

Dengan hasil tiga pertandingan pada matchday ketiga tersebut, Australia memimpin klasemen sementara Grup B dengan nilai sempurna 9, diikuti Malaysia dan Vietnam masing-masing mengoleksi 6 angka.

Turnamen ini diikuti 12 tim anggota AFF termasuk Australia yang menjadi anggota organisasi tersebut sejak 2006, seiring dengan diterimanya keanggotaan mereka di Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada saat itu, pindah dari Konfederasi Sepak Bola Oseania (OFC).

Gelaran kali ini juga merupakan ajang pemanasan bagi 12 anggota AFF untuk mengarungi babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang putaran finalnya digelar pada 14 - 31 Oktober tahun depan, tetapi negara tuan rumahnya belum ditentukan.

Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Grup K kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang dijadwalkan berlangsung pada 6 - 10 September 2019. Selain Indonesia, Grup K kualifikasi Piala Asia U-19 2020  diisi Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste.

Juara bertahan turnamen ini adalah Malaysia di final tahun lalu menang melalui 4 - 3 atas Myanmar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Indonesia sebagai tuan rumah tahun lalu finis sebagai peringkat ketiga setelah di semifinal kalah adu penalti dari Malaysia dan menang 2 - 1 atas Thailand di perebutan tempat ketiga.(*)