Nagari Talunan Maju Gelar Lomba Jorong Bersih

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Nagari Talunan Maju Gelar Lomba Jorong Bersih

Selasa, 13 Agustus 2019
Tim penilai berfoto bersama dengan wali nagari Suwardi GK, sebelum memberikan penilain.

Padang Aro, fajarsumbar.com -  Empat kejorongan di Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan, bersaing mengikuti lomba jorong bersih.

Jadi agenda rutin di nagari, dalam menanamkan rasa dan sikap kegotong royongan yang sudah mulai pudar ditengah masyarakat minang kabau.

Bagaimana semarak masyarakat menyambut HUT RI, untuk menghargai para pejuang kemerdekaan RI. Maka perlu ditanamkan jiwa nasionalisme.

Bagi kejorongan terbaik akan mendapatkan reward atau bonus dari wali nagari setempat, sebagai bentuk dukungan dan motivasi kepada masyarakat nagari dalam menciptakan lingkungan bersih, indah dan asri.

"Walau pun daerah kami berada di pelosok daerah Solok Selatan, tapi kami harus berusaha menciptakan lingkungan nagari bersih, sejuk dan asri lewat lomba jorong bersih ini," kata Wali Nagari Talunan Maju, Suwardi Gindo Kuniang kepada Fajarsumbar Selasa (13/8).

Empat jorong yang dinilai ini, yakni jorong Kurnia Maju, Talunan Indah Sepakat, Talunan Baru I dan Jorong Talunan Baru II.

Bagi jorong berprestasi sesuai item penilaian dewan juri yang diketuai oleh Yosepriadi Sekretaris Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kepala KUA Kecamatan SBJ Ali Mukmin Siregar, pihak Puskesmas Talunan dan pihak kepolisian.

Reward yang disediakan nagari Rp20,5 juta yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD) melalui program pemberdayaan masyarakat di nagari yang berpenduduk 3.083 jiwa dari 836 KK.

"Dana reward ini diberikan untuk pengelolaan lingkungan penduduk di setiap jorong. Bagi peringkat I mendapatkan reward sebesar Rp10 juta, Juara II Rp6 juta dan juara III Rp3,5 juta, dan harapan I Rp1 juta" tandasnya.

Kegitan lomba jorong bersih tersebut kata Suwardi, dilaksanakan setiap tahun disetiap akan menyambut HUT RI di kenagariannya.

Bagi jorong terbaik dan terbersih maka reward yang sudah disediakan itu akan diserahkan pada saat upacara HUT RI tepatnya tanggal 17 Agustus.

"Sudahlah daerah di pelosok, penuh sampah, penuh semak belukar. Hal ini tidak kita ingin, hati dan lingkungan masyarakat harus bersih. Sehingga enak di pandang dan senang hati merasakan," tukasnya.

Sementara, Ketua Tim penilai jorong bersih Nagari Talunan Maju, Yosepriadi mengatakan, aspek penilaian jorong bersih ini ada 11 item, mulai dari kebersihan lingkungan, drainase atau saluran air dan parit, pagar mini merah putih, dan bendera merah putih disetiap rumah dan disepanjang jalan nagari.

Kemudian kondisi pos kamling, musholla atau masjid, kebersihan fasilitas umum, taman dasawisma atau taman toga 10 rumah, bidang administrasi jorong, inovasi desa dan pengembangan desa, dan presentasi keberadaan jamban sehat.

"Tahun lalu kita hanya menilai 9 item, dan tahun ini ada 11 item. Dan satu-satunya kegiatan lomba jorong bersih ini di kecamatan sangir balai janggo, berada di nagari Talunan Maju," katanya.

Terpisah, Kepala KUA Sangir Balai Janggo, Ali Mukmin Siregar menyarankan kepada pengurus MDA, TPA/TPQ di masjid atau di mushalla untuk mengurus izin operasional kegiatan keagamaan itu. Sehingga bisa mendapatkan program pembinaan guru mengaji di TPA atau TPQ di setiap jorong yang dinilai itu.

"Bagi TPA/TPQ dan MDTA yang belum ada izin operasional, harus mengurus izin. Agar program Kemenag bisa didapatkan oleh pengelola kegiataan keagamaan yang sudah terdaftar," katanya. (hendrivon)