Paskibra Padang Panjang Mantapkan Latihan Formasi

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Paskibra Padang Panjang Mantapkan Latihan Formasi

Rabu, 07 Agustus 2019
Paskibra Padang Panjang 

Padang Panjang, fajarsumbar.com-Menjelang upacara peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019, latihan pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Padang Panjang telah memasuki tahap pemantapan formasi dan penyesuaian dengqn Komandan Pasukan Pendamping.

Sejak dari tanggal  27 Juli, dari pagi hingga sore hari, sebanyak 65 orang putra dan putri terbaik dari SLTA se Kota Padang Panjang mengikuti latihan formasi dibawah pelatih TNI, Polri dan Purna Paskibra Indonesia (PPI).  

Mereka dibagi dua kelompok formasi merah dan putih. Kelompok merah untuk upacara penaikan bendera, sedang kelompok putih untuk penurunan bendera pada upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih 17 Agustus nanti

Menurut kordinator pelatihan Peltu Williyan SH, kegiatan diawali dengan tantingan memasuki daerah latihan, kemudian pemilihan lurah dan ibu lurah selanjut dilantik oleh camat. Dalam hal ini dilantik oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Alanda Syarif.

Setelah itu mereka dilatih materi dasar Pasukan Baris Berbaris ( PBB ) ditempat dan berjalan, kemudian pemilihan kelompok merah dan putih. Kemudian dilanjutkan dengan pemantapan penaikan dan penurunan bendera merah putih serta pembawa bendera.

Pelaksanaan latihan telah maksimal, saat ini sedang latihan penyesuaian antara pasukan paskibra dengan komandan pasukan pendamping," ujar Williansyah kepada fajarsumbar.com disela-sela latihan, Rabu (7/8) di Lapangan Anas Karim.

Pelaksana harian Dan Ramil 01 Padang Panjang ini mengakui tidak ada kendala dalam melatih mereka, hanya saja ilmu baris - berbaris yang mereka dapatkan disekolah tidak sesuai dengan Peraturan Panglima TNI Nomor 46 tahun 2014 tentang baris berbaris.

Rencananya upacara peringatan hari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus akan digelar dilapangan Anas Karim dan dihadiri oleh Walikota Fadly Amran dan Forkopimda, Veteran Pejuang 45 serta tokoh masyarakat Padang Panjang.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Alanda Syarif menambahkan para Paskibra adalah pelajar utusan SLTA se - Kota Padang Panjang yang sebelumnya diseleksi di sekolah masing-masing.

Seleksi bagi calon Paskibra digelar adalah utusan sekolah masing-masing, selain baris berbaris para calon Paskibra harus memenuhi syarat yang ditentukan sesuai dengan aturan, contohnya tinggi badan bagi putra dan putri.

Alanda Syarif berharap tidak ada kendala bagi Paskibra dalam menjalankan latihan, dan mengharapkan mereka berlatih dengan serius sehingga pada hari H upacara 17 Agustus berjalan dengan aman dan lancar.(adek)