Dortmund Juara Piala Super Jerman 2019

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Dortmund Juara Piala Super Jerman 2019

Minggu, 04 Agustus 2019
Pemain Borussia Dortmund meuapkan kegembiraan setelah berhasil menaklukkan Bayern Munich dengan skor 2-0. (dct)

Dortmund, fajarsumbar.com - Borussia Dortmund tampil sebagai juara Piala Super Jerman 2019. Dortmund jadi kampiun usai mengalahkan Bayern Munich dengan skor 2-0.

Bayern yang merupakan juara Bundesliga 2018/2019 dan DFB-Pokal menghadapi Dortmund yang finis runner-up di liga musim lalu dalam ajang Piala Super Jerman. Pertandingan digelar di Signal Iduna Park, Minggu (4/8/2019) dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Dortmund tak bisa menurunkan rekrutan barunya seperti Thorgan Hazard, Julian Brandt, dan Mats Hummels. Ketiganya dibekap cedera.

Paco Alcacer, yang kini sudah dipermanenkan oleh Dortmund, memimpin lini serang. Ia disokong oleh Marco Reus.

Dari kubu Bayern, tak ada pemain baru yang jadi starter. Di lini depan, Robert Lewandowski masih jadi andalan bersama Thomas Mueller dan Kingsley Coman.

Dortmund nyaris membuka keunggulan saat laga baru berjalan satu menit. Sebuah kesalahan di lini tengah dimanfaatkan oleh Raphael Guerreiro yang langsung menyerang balik.

Dia kemudian melepaskan umpan tarik kepada Reus yang ada di tengah. Namun Manuel Neuer dengan sigap menepis upaya Reus.

Tekanan yang dilancarkan Dortmund kembali menghasilkan peluang pada menit ke-20. Tapi sepakan Nico Schulz dari jarak dekat dihalau Neuer dengan kakinya.

Bayern mencoba merespons. Dua peluang didapat oleh Bayern lewat Coman dan Leon Goretzka. Namun tak ada yang membuahkan hasil.

Dikutip detiksport, setelah tak ada gol pada babak pertama, kebuntuan akhirnya pecah di awal paruh kedua. Dortmund membuka keunggulan pada menit ke-48.

Thiago melakukan kesalahan di lapangan tengah dan langsung dimanfaatkan oleh Jadon Sancho. Menggiring bola dari sisi kanan lapangan hingga mendekati kotak penalti, Sancho kemudian mengoper bola kepada Alcacer. Alcacer langsung melepaskan tembakan first time yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Bayern.

Serangan Bayern pada menit ke-56 memaksa Marwin Hitz melakukan penyelamatan. Goretzka yang menerima bola dari Mueller melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Upaya Goretzka itu dihalau oleh Hitz.

Dua menit berselang, Bayern nyaris menyamakan kedudukan. Umpan Joshua Kimmich dari sisi kanan disundul oleh Coman dan kemudian digagalkan oleh Hitz. Bola muntah yang coba dimanfaatkan Coman juga kembali dihentikan oleh kiper Dortmund.

Bola muntah mengarah ke Lewandowski. Tapi upayanya dari jarak dekat diblok oleh Manuel Akanji.

Dortmund menggandakan keunggulan pada menit ke-69. Kali ini giliran Sancho yang mencatatkan namanya di papan skor.

Gol ini berawal dari serangan balik yang dilakukan Dortmund. Raphael Guerreiro mengoper bola kepada Sancho yang berdiri bebas di sisi kanan lapangan. Sancho kemudian melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti sebelum menaklukkan Neuer.

Tak ada tambahan gol yang tercipta di sisa waktu pertandingan. Dortmund mempertahankan keunggulan hingga wasit meniup peluit panjang. (*)