Permuseuman Sawahlunto Lakukan Museum Keliling ke Pesisir Selatan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Permuseuman Sawahlunto Lakukan Museum Keliling ke Pesisir Selatan

Rabu, 07 Agustus 2019
Kegiatan Museum Keliling Kota Sawahlunto di SMA 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan

Painan, Fajarsumbar.com Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejaarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto melaksanakan Museum Keliling ke Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan tersebut ditujukan untuk mensosialisasikan permuseuman yang ada di Kota Sawahlunto kepada pelajar.

Tidak hanya mengenalkan museum, Museum Keliling juga menyampaikan informasi ditetapkannya Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 6 Juli lalu. 

Kepala Bidang Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman, Adrial, SS, M. Par (7/8/2019) mengatakan program museum keliling merupakan program wajib untuk sosilisasi museum. "Sudah seharusnya pengelola museum untuk mensosialisasikan museumnya. Tahun ini kita mensosialisasikan ke Kabupaten Pesisir Selatan dan Pasaman Timur. Tidak hanya mengenalkan museum, museum keliling kali ini juga mensosilisasikan ditetapkanya Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia, " jelas Adrial. 

Menyinggung dampak kegiatan tersebut dilakukan, Adrial mengatakan disamping sudah keharusan sebuah museum mensosialisasikan museumnya, kegiatan tersebut juga wadah promosi yang baik." Kita langsung berhadapan dengan pelajar untuk mengenalkan museum yang merupakan bagian dari pembelajaran di sekolah. Dan diharapkan dengan sosilisasi ini pelajar akan melakukan studi tour ke Sawahlunto," ujarnya. 

Antusias pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi, disamping belum mengetahui adanya museum di Kota Sawahlunto sebagian mereka juga belum pernah berkunjung ke kota ini." Dikegiatan ini kita berikan informasi seluas luasnya tentang museum di Kota Sawahlunto yang berjumlah 7 museum. Dengan penjelasan yang diberikan diharapkan pelajar tertarik untuk berkunjung ke kota ini sambil belajar," harap Adrial. 

Kegiatan Museum Keliling di Kabupaten Pesisir Selatan dilangsungkan pada tanggal 6 - 9 Agustus ini dengan mengunjungi sekolah SLTP dan SLTA. (Adrial)