Salurkan Hak Politik PA 212, Partai Masyumi Baru Layak Didirikan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Salurkan Hak Politik PA 212, Partai Masyumi Baru Layak Didirikan

Kamis, 01 Agustus 2019
Irfianda Abidin (kiri) koordinasi aksi ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Sumbar bersama yang lainnya. 

Padang, fajarsumbar.com - Koordinasi aksi ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Sumbar, Irfianda Abidin menyebutkan, PA 212 punya peluang mendirikan kembali salah satu partai yang berjaya pada masa Orde Lama.

Partai yang dimaksud Irfianda, Partai Masyumi untuk menyalurkan kepentingan politik terkhusus umat Islam untuk membela kebenaran. Kini para PA 212 tersebut berencana akan menghidupkan kembali partai tersebut yang diberikan nama Partai Masyumi Baru (PMB).

Menurutnya, dengan parpol menjadi kendaraan legal dalam sistem politik Indonesia.
Ideologi parpol yang dibentuk sesuai dengan pemahaman PA 212 yaitu nasionalis.

"Parpol adalah kendaraan yang legal dalam sistem politik di Indonesia, saya dengan teman telah siap membentuk partai baru dengan nama Partai Masyumi Baru untuk menyalurkan hak politik kawan-kawan PA 212," katanya.

Dalam UU, katanya tak ada larangan PA 212 membentuk parpol, selama memiliki platform, logistik cukup, serta visi misi yang jelas sudah menjadi modal penting, lalu syarat penting lain memiliki figur PA 212 yang kuat.

"PA.212 dg para tokoh yang didukung ummat yang tergabung dalam ormas insya Allah akan membentuk Partai Masyumi Baru  (PMD --red)," tegasnya.

Menurutnya, terbukti selama ini perjuangan parlemen saja tidak mampu mempertahankan ideologi.

Setidaknya bisa mencontoh Presiden Turki, Erdogan dengan dukungan umatnya di setiap masjid. Artinya non parlemen juga harus bergerak berjuang bersama-ama dengan parlemen dan eksekutive. (anjang)