Sambut Idul Adha, Perantau IKBAR Sungai Jambu Pulang Basamo

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Sambut Idul Adha, Perantau IKBAR Sungai Jambu Pulang Basamo

Minggu, 11 Agustus 2019
Bupati Irdinansyah Tarmizi Sambut Perantau IKBAR
Tanah Datar,fajarsumbar.com- Sebanyak 400 perantau Ikatan Keluarga Jorong Batur (IKBAR) Nagari Sungai Sungai Jambu Kecamatan Paringan se-Nusantara pulang basamo menyambut Idul Adha 1440 H.
Bupati Irdinansyah Tarmizi bersama Kabag POD Herison, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Camat Pariangan Abdurrahman Hadi dan Pj. Walinagari Sungai Jambu Elita Darmawan menyambut rombongan di Gazebo Indo Jolito, Sabtu pagi (10/08/2019).
Di kesempatan itu bupati mengapresiasi kekompakan perantau Jorong Batur Nagari Sungai Jambu. "Pulang basamo dengan peserta yang terbilang cukup banyak untuk ukuran jorong menandakan kekompakan dan kebersamaan serta rasa "bakampuang" masih terjaga dengan baik," pujinya lagi.
Bupati berharap hal demikian bisa terus dipertahankan. Dengan rasa kebersamaan ucap bupati, kepedulian antar sesama akan tumbuh. Di saat ada masalah di kampung dan perlu dibantu perantau maka perantau dengan senang hati membantu. “Sakik nan di kampuang, taraso pulo di rantau,” sebut bupati memberi perumpamaan.
Untuk itu jelas bupati lagi, pemerintah daerah merasa punya kewajiban menjalin komunikasi yang baik dengan perantau.
"Perantau punya andil besar terhadap kemajuan Tanah Datar, bantuan yang diberikan kepada sekolah, masjid, sarana umum dan masyarakat jika dikalkulasi bisa melebihi APBD Tanah Datar yang berkisar Rp.1,3 Triliun per tahun," urainya.
Berkat dukungan masyarakat dan perantau, Tanah Datar meraih banyak penghargaan di tingkat nasional di antaranya Penghargaan Pembanguan Daerah sebagai kabupaten terbaik se Indonesia, Piala Wahana Tata Nugraha, Piala Adipura dan lainnya.
Di kesempatan itu bupati juga berharap dukungan masyarakat Sungai Jambu terhadap revitalisasi Nagari Pariangan atas bantuan pemerintah pusat untuk kemajuan pariwisata Tanah Datar.
Menurut sejarahnya, Nagari Tuo Pariangan ada hubungan dengan Nagari Sungai Jambu sehingga sudah selayaknya program ini didukung bersama.
"Selamat berhari raya di kampung halaman, mari jalin silaturahmi dengan masyarakat, lakukan pertemuan dengan masyarakat dan pemerintah nagari untuk kemajuan nagari," pesannya.
Mewakili perantau Dt. Rajo Nan Kayo menyampaikan terima kasih kepada bupati yang berkenan menyambut langsung. "Atas nama perantau yang pulang kampung kami ucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dari bapak bupati dan jajarannya," sebutnya.
Dijelaskan perantau pulang basamo se nusantara tidak kurang dari 400 orang datang dari Jabodetabek, Palembang, Riau, Kalimantan dan daerah lainnya. Ini lebih banyak dari penduduk di kampung halaman yang berjumlah 135 Kepala Keluarga atau lebih kurang 300 jiwa.
"Tujuan utama pulang kampung bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara, anak kemenakan di kampung halaman sekaligus melaksankan qurban bersama. Alhamdulillah tahun ini ada 17 ekor sapi dan 1 ekor kambing hewan qurban," urainya.
Dijelaskan juga dipilihnya pulang basamo di menjelang Hari Raya Idul Adha bukan Idul Fitri jamaknya dilakukan perantau lain merupakan kesepakatan bersama.
"Dipilih Hari Raya Idul Adha untuk pulang basamo karena lebih leluasa untuk bersilaturahmi dibanding di Idul Fitri yang sebagian lebih banyak memanfaatkan untuk berwisata dan berusaha," terangnya. (adek)