Tekan Angka Kematian Ibu 10 Perusahaan MoU dengan Pasbar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Tekan Angka Kematian Ibu 10 Perusahaan MoU dengan Pasbar

Rabu, 14 Agustus 2019
Tandatangani MoU

Pasbar, fajarsumbar.com - Sebanyak 10 perusahaan sawit di Kabupaten Pasaman Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI). Tercatat sepanjang tahun 2018 AKI di Pasbar mencapai 153/100.000 kelahiran hidup.

Sepuluh perusahaan sawit tersebut antara lain PT. Agro Wiratama, PT Gersindo, PT. LIN, PT. PHP 1, PT .PHP 2, PT. PMJ, PT.PAN, PT BTN, PT PTP 6.

"Kelas Ibu menuju zero AKI akan terus kita gencarkan dan ditindaklanjuti serta terus kita evaluasi setelah hari ini kita luncurkan,"papar Sekda Pasbar Yudesri ketika menghadiri rapat evaluasi program KKBPK dan launching kelas ibu menuju zero AKI Rabu (14/8) di aula kantor bupati setempat.

Ia menambahkan,  kematian ibu merupakan salah satu indikator yang penting dalam menentukan derajat kesehatan masyarakat. Angka kematian Ibu masih tinggi, dari daftar 19  kabupaten kota di Sumbar, 5 kabupaten kota mengalami angka kematian ibu, dan Pasbar salah satunya.

"Untuk menurunkan angka kematian yaitu salah satu pengetahuan. Oleh karena itu, 10 perusahaan untuk penandatangan MOU ini agar nantinya ada perubahan pada angka kematian ibu di perusahaan yang ada di Pasaman Barat ini, "kata Yudesri.

Selain itu,  pada tahun 2018 kasus kematian ibu adalah 153/100.000 kelahiran hidup. Maka dari itu, di perlukan suatu upaya pemberdayaan perempuan sebagai strategis kematian ibu dengan melibatkan perusahaan perkebunan dalam pemenuhan hak gender dalam melengkapi akses pelayanan kesehatan.

"Kami sebagai pemerintahan Pasaman Barat bersama dengan DPPKBP3A dan didukung penuh oleh mitra strategis, termasuk OPD terkait,perusahaan perkebunan, camat, wali nagari berkomitmen dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan dan gender yang diberikan kepada pekerja perempuan melalui kelas ibu yang direncanakan pada 10 perusahaan perkebunan yang memiliki lebih dari 100 (seratus) pekerja perempuan,"sebut Yudesri.

Pemda Pasbar sangat mendorong dan mensupport atas pelaksanaan proyek perubahan strategi yaitu dalam peningkatan tingkat pendidikan masyarakat, kualitas sumber daya manusia adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.(wati)