Unand Raih Peringkat Lima Nasional, MTQ Antar Mahasiswa

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Unand Raih Peringkat Lima Nasional, MTQ Antar Mahasiswa

Selasa, 06 Agustus 2019
Mahasiswa Unand terbaik kelima dalam MTQMN di Universitas Syiah Kuala Aceh.

Padang, fajarsumbar.com - Universitas Andalas (Unand) Padang meraih peringkat terbaik kelima pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) se-Indonesia ke-16 di Universitas Syiah Kuala Aceh.

"Alhamdulillah, Unand berhasil meraih nomor urut ke lima tingkat nasional dari seluruh kampus di Indonesia," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Andalas, Yusdial, Senin (5/8) seperti dilansir Antara.

Lomba MTQMN tersebut diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh sejak 27 Juli hingga 4 Agustus 2019.

Berdasarkan keputusan dewan juri, Unand termasuk kampus terbaik yang berada di nomor urut lima dari 17 universitas yang mendapatkan medali. Untuk peringkat pertama diraih Universitas Negeri Malang sebagai juara umum dengan nilai 64 poin.

"Selanjutnya kampus terbaik dua Universitas Barawijaya dengan nilai 63 poin, kampus terbaik tiga diraih oleh kampus Universitas Gadjah Mada 41 poin, Universitas Indonesia 38 poin dan kampus Unand di posisi ke lima dengan jumlah nilai 36 poin," katanya.

Ia juga mengatakan prestasi tersebut merupakan pertama kalinya diraih oleh Unand sejak sekian lama mengikuti lomba MTQMN.


"Dibandingkan tahun lalu 2018, Unand hanya mendapatkan satu medali perak, namun tahun ini selain meraih medali perak, Unand juga berhasil menjadi kampus terbaik nomor lima dari seluruh kampus se Indonesia," kata dia.

Mahasiswa Unand memenangkan delapan cabang lomba MTQMN dari 13 cabang yang dilombakan dengan memperoleh 36 poin, yakni harapan satu dan dua cabang hifzil Quran lima juz, juara satu hifzil Quran 10 juz, juara satu qiraat sab'ah.

"Selain itu, unand juga mendapatkan harapan satu qiraat sab'ah, harapan satu tim fahmil Quran, juara tiga Tartil putri dan harapan tiga debat bahasa Inggris," sambung Yusdial.

Ia juga menambahkan mahasiswa yang mengikuti lomba MTQMN ke Aceh diseleksi melalui tiga tahap yakni peserta yang memenangkan lomba MTQ tingkat Unand, mahasiswa yang memenangkan lomba MTQ tingkat provinsi dan mahasiswa yang mendaftar secara daring.

Menurutnya prestasi yang telah diraih oleh Unand hari ini merupakan sebuah kebanggaan yang perlu ditingkatkan untuk ke depannya.

"Sebagai kampus umum, kami bangga Unand mampu bersaing dengan kampus islami lainnya dengan memperoleh nomor lima terbaik kampus se Indonesia," ujarnya. (*)