Ustadz H.Muslim Tawakkal Jadi Khatib Shalat Idul Adha

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Ustadz H.Muslim Tawakkal Jadi Khatib Shalat Idul Adha

Selasa, 06 Agustus 2019
Add caption

Tanah Datar, fajarsumbar.com- Hari Raya Idul Adha 1440 H jatuh pada hari Ahad mendatang bertepatan dengan tanggal 11 Agustus 2019. Hal ini diungkapkan saat rapat Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Tanah Datar di Gedung PKK Indo Jolito, Sabtu malam (3/8/2019).

"Sesuai hasil sidang isbat Kemenag, ditetapkan 1 Zulhijjah 1440 H jatuh pada hari Jumat tanggal 2 Agustus 2019 maka shalat Idul Adha 1440 H dilaksanakan pada hari Ahad mendatang,” sampai Kepala Kemenag Tanah Datar diwakili Kasi Pendidikan Madrasah H.Yusmarli.

Untuk menyambut itu jelas Yusmarli perlu dilakukan persiapan pelaksanaan rangkaian Hari Raya Idul Adha 1440 H agar bisa berjalan sukses dan lancar.

Kabag Kesra Afrizon yang juga Ketua II PHBI Tanah Datar mewakili Ketua Umum PHBI Wabup Zuldafri Darma yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji mengatakan pelaksanaan shalat Idul Adha tingkat kabupaten digelar di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dengan Khatib H. Muslim Tawakkal dari Padang dan Imam H. Aulia Rizal Ketua Lajnah Tahfizul Tanah Datar.

“Jika cuaca tidak memungkinkan shalat di lapangan, kita sudah menyiapkan 7 masjid di seputaran dalam kota Batusangkar di antaranya Masjid Ihsan, Masjid Raya Lantai Batu, Masjid Alfaizin Pincuran Tujuh, Masjid Taqwa Parak Jua, Masjid Amaliyah Kampung Baru, Masjid Muhammadiyah Kampung Baru dan Masjid Hurriyah Malana,” urai H. Afrizon. 

Sementara untuk pelaksanaan malam takbiran dihimbau dilaksanakan di masing masjid dan mushalla yang ada di Tanah Datar dan untuk tingkat kabupaten di Gazebo Indo Jolito diisi dengan penampilan 3 grup juara festival takbiran Idul Fitri 1440 H dari Kecamatan Lima Kaum, Salimpaung dan Sungai Tarab.

“Mari kita semarakkan malam takbiran dengan melantunkan takbiran, berlanjut menjelang shalat Idul Adha hingga berakhir hari tasyrik,” ajaknya.

Hadir pada kesempatan itu perangkat daerah terkait dan pengurus masjid dalam kota Batusangkar. (adek)