Wabup Agam Kukuhkan DPP Magek Saondoh, Ini Pesan Trinda Farhan

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Wabup Agam Kukuhkan DPP Magek Saondoh, Ini Pesan Trinda Farhan

Rabu, 14 Agustus 2019
Wakil Bupati Agam. H.Trianda Farhan Satria terlihat mengukuhkan DPP Magek Saondoh Periode 2019-2024.

Agam, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Agam, H.Trinda Farhan Satria mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Magek Saondoh tahun 2019-2024, Selasa (12/8).

Pengukuhan yang dipusatkan di halaman balai adat nagari magek itu dilakukan dalam rangkaian kegiatan magek Saondoh berkurban untuk negeri 1440.H.

Pengurus DPP Magek Saondoh yang dikukuhkan itu antara lain Dewan Penasehat diketuai H. Musdir Sulaeman, B.Sc dengan anggota Hj. Aisyah Amini, SH, H. A. Nasrullah, H. Nusli Erismal, Drs. H. K. Harmy Dt. Indomo dan Ketua KAN Magek.

Kemudian Dewan Penasehat Pembina diketuai Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si dengan anggota Ade Rezki Pratama, SE, MM, Erianto Alamdi, SH, Ir. H. Bendri Djamaris, Ir. H. Hendra Bahar, M.Sc, Ir. Erizal Djambak, MT, H. Basri Daramin, H. Rizal Jamaan dan Walinagari Magek.

Sedangkan untuk Ketua Dewan Pengurus dipimpin oleh Fachrizon Dt. Rajo Amat dengan anggota Ir. Refli Yuner (Perwakilan DPP Wilayah Aceh dan Sumut), Drs. H. Alifahmi (Perwakilan DPP Wilayah Riau dan Kepri), Safrudin, SS, MM (Perwakilan DPP Wilayah Sumbar dan Jambi), Drs. Zulharmito (Perwakilan DPP Wilayah Sumbagsel), AKBP Hendral Veno, SH, Dt. Basa Mangkuto (Perwakilan DPP Banten dan Jabar), Yovi Hendrik (Perwakilan DPP Wilayah Jabodetabek).

Sementara itu, Ketua Harian Adrilsyah Adnan, Sekretaris Jendral Badroni Yuzirman, Wakil Sekretaris I Yozelendra, St. Sati, Bendahara Dasrial dan Wakil Bendahara Alfi Hendri.

Wakil bupati Agam Trianda Farhan Satrian dalam sambutanya menyampuakan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dilantik sekaligus mengapresiasi kekompakan perantau Magek Saondoh yang bersatu padu membangun nagari, salah satunya melalui ibadah kurban.

“Pulang basamo yang dilakukan perantau Magek menandakan kekompakan dan kebersamaan serta rasa “bakampuang” masih terjaga dengan baik,” kata wabup.

Tidak sedikit program pemerintah yang sudah dibantu oleh perantau Magek, salah satunya mendukung Gerakan Nagari Madani. Salah satu implementasinya adalah kegiatan pulang basamo. Hal tersebut, membuktikan bahwa tidak hanya membangun secara fisik tapi membangun jiwa anak nagari.

“Oleh sebab itu, besar harapan melalui kepengurusan yang baru ini bisa membawa perubahan. Program yang sudah baik tolong dilanjutkan,” pinta wabup.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina DPP Magek Saondoh Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si mengatakan melalui Magek Saondoh itu akan banyak yang dapat dilakukan salah satunya dibidang pendidikan dengan merubah meised, mental dan spritual, kemudian melakukan pembangunan fisik yang dibutuhkan oleh nagari.

"tu bisa dilakukan, kalau kita seciaok bak ayam sadanciak bak basi,barek samo dipikua, ringan samo di jinjing, artinya tidak ado karajo yang barek kalau kita baersatu dan basamo mamikuanyo,"ujar Refdi Andri yang juga Kakorlantas Polri itu.

Sebab menurut Refdi, perantau Magek itu cukup banyak dan tersebar di berbagai daerah, bahkan juga juga ada di negara tetangga.

Untuk itu yang dibutuhkan adalah komitmen kita basamo." Modah mudahan dengan lima komitmen yang telah diucapkan oleh semua pengurus itu menjadi titik pangkal pengabdian kita terhadap nagari kamang magek ini,"tegasnya.

Salah seorang tokoh masyarakat nagari Magek, Nelson Septiadi yang ditemui Singgalang menyatakan rasa bangganya dengan organisasi magek saondoh itu, karena melalui organisasi itu dapat menyatukan semua potensi anak nagari magek baik yang ada dirantau maupun di kampung halaman.

"Kita melihat para perantau dari berbagai provinsi dan di luar negeri hadir dalam acara Magek Saondoh berkurban dan pengukuhan organisasi itu,  dan ini mungkin hal yang sangat bersejarah bagi nagari magek karena acara itu juga dihadiri oleh sejumlah tokoh magek seperti Irjen Pol Refdi Andri yang juga menjabat sebagai Kakorlnatas polri,"ujarnya.

Dengan kebersamaan anak nagari yang dirantau dan diranah itu tentu harapannya nagari magek dapat bangkit dan lebih maju lagi kedepanya.

Selanjutnya bagi  bagi anak anak nagari yang sedang menempuh pendidikan jika ingin melanjutkan pendidikanya yang lebih tinggi insya allah melalui organisasi magek saondoh itu akan dapat dicarikan solusinya.(gdo)