Zigo Rolanda dan Ali Sabri Abbas Terpilih Jadi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Solsel Sementara

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Zigo Rolanda dan Ali Sabri Abbas Terpilih Jadi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Solsel Sementara

Rabu, 14 Agustus 2019
Anggota DPRD Solok Selatan foto bersama usai dilantik, Rabu (14/8/2019).

SOLOK SELATAN - Akhirnya sebanyak 25 calon terpilih hasil pemilu 2019, resmi dilantik sebagai anggota DPRD Solok Selatan. Komposisinya, Partai Golkar 4 kursi, PAN 4 kursi, Gerindra 4 kursi, Nasdem 3 kursi, PKS 3 kursi, Demokrat 2 kursi, PKB 2 kursi, PBB satu kursi dan PPP satu kursi. Partai Berkarya, satu kursi.

Prosesi pelantikan DPRD Solok Selatan periode 2019-2024, dilakukan di gedung DPRD Solok Selatan, di Golden Arm, Rabu (14/8). Pengambilan sumpah anggota DPRD, dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Koto Baru Solok, Purnomo Hadiyanto.


Suasana sidang paripurna berlangsung, tampak wajah wajah baru DPRD Solok Selatan

Turut hadir pada acara alek Demokrasi ini, Bupati Solok Selatan,Kejati Sumbar,Pemerintahan Daerah Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Muaro Bungo, Kabupaten Sijunjung, Kota Padang tokoh pemekaran Solok Selatan, anggota DPRD Provinsi terpilih H.Khairunas dan Mario Syah johan. 

Ketua DPRD Solok Selatan periode 2014-2019, Sidik Ilyas, dalam laporan akhir masa jabatannya di sidang paripurna tersebut, menyampaikan, DPRD Solok Selatan di periode 2014-2019, bersama pemerintah setempat telah membentuk 43 Peraturan Daerah (Perda) dan 54 keputusan pimpina. DPRD. 


Penyerahan palu dari ketua lama Sidik Ilyas, kepada ketua sementara Zigo Rolanda.

Sedangkan kegiatan DPRD berupa rapat yaitu Badan Musyawarah 64 kali, Badan Anggaran 26 kali, Badan Kehormatan 12 kali dan rapat panitia khusus DPRD 24 kali.

Selain itu juga dilaksanakan rapat komisi yang terdiri dari komisi I, II dan III masing-masing sebanyak 29 kali serta rapat kerja 19 kali. "Kami juga melakukan fungsi sebagai penampung aspirasi dengan menerima kunjungan dan penyampaian aspirasi masyarakat," ujarnya.

Zigo, Ketua Sementara
Saat ini jabatan ketua DPRD Solok Selatan sementara dijabat oleh politisi Golkar Zigo Rolanda dengan wakilnya Ali Sabri Abas dari PAN.

Karena pimpinan DPRD belum terbentuk maka DPRD dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD yang ditetapkan sesuai dengan Undang-undang mengenai Pemerintah Daerah.


Armen Syah johan juga menyerahkan buku memori kepada wakil ketua sementara Ali Dari Abbas

Sebelum ditetapkannya Pimpinan DPRD berdasarkan Keputusan Gubernur yang mengacu kepada Peraturan Perundang-undangan, maka sesuai dengan ketentuan perlu ditunjuk unsur Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Solok Selatan berdasarkan hasil perolehan kursi dan suara terbanyak Pertama dan Kedua pada Pemilu Legislatif 14 April 2019.

Penunjukan pimpinan sementara juga berdasarkan surat dari DPD partai Golkar Nomor : 84/3/GKSS/8/2019 Tanggal 6 Agustus 2019 tentang Usulan Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan Sementara atas nama Zigo Rolanda.

Suasana ceriah ditampilkan oleh beberapa anggota DPRD Solok Selatan usai dilantik

Selain itu juga surat dari Partai Amanat Nasional Nomor : PAN/A/O4/KS/46/Vm/2019 Tanggal 5 Agustus 2019 Perihal, Pengajuan Calon Wakil Ketua Sementara mengusulkan Ali Sabri Abas.

Usai acara ratusan undangan dan pendukung masing masing anggota DPRD memberikan ucapan selamat.(adv)