Ajang Kreativitas PIK-R Lahirkan Remaja Unggul Berintegritas

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Ajang Kreativitas PIK-R Lahirkan Remaja Unggul Berintegritas

Kamis, 05 September 2019

Padang Panjang, fajarsumbar.com- Remaja adalah umur yang menjembatani antara umur anak-anak dan umur dewasa, artinya pada usia ini terjadi perubahan-perubahan cepat pada jasmani, emosial, sosial, akhlak dan kecerdasan. Dari sinilah perlu perhatian terhadap remaja, karena dimasa ini banyak remaja yang rasa ingin tahunya meningkat sehingga mudah terpengaruh ke dalam hal yang negatif.
Dengan bertemakan "Mewujudkan Insan GenRe yang Unggul dan Berintegritas dalam Meraih Bonus Demografi dan Indonesia Emas", Dinas Sosial PPKBP3A menggelar Ajang Temu Kreatifitas Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Tingkat Kota Padang Panjang di Auditorium Mifan Waterpark, Kamis (5/9).
Kegiatan dibuka oleh Walikota Padang Panjang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Emir Emil Elmaulid dan turut dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syafruddin, , Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Martoni, Kepala OPD terkait serta Pembina PIK-R se-Kota Padang Panjang.
PIK-R sendiri merupakan wadah kegiatan pusat penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja yang memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.
"Masa remaja dihadapkan dengan berbagai persoalan kehidupan remaja, dengan adanya PIK-R ini diharapkan remaja sekolah mampu berbagi keluh kesah serta mengerti dan mengetahui apa saja resiko yang akan terjadi terhadap remaja tersebut jika mereka melangkah atau terjerumus dalam aktivitas yang kurang baik " jelas Staf ahli.
Disamping itu, Kepala BKKBN Sumbar menambahkan kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan remaja yang sehat, berkharakter dan berkualitas. Kami harap generasi muda ini terhindar dari segala aktivitas negatif dan tentu itu tidak lepas dari peranan pembina serta guru-guru di sekolah," ungkapnya.
Selain itu, Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Kota Padang Panjang Martoni, S.Sos, M.Si menambahkan bahwa pelaksanaan ajang ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan pengetahuan remaja melalui kegiatan yang positif. Pada ajang ini, ada sekitar 20 sekolah ikut serta yang terdiri dari SMP dan SMA di Kota Padang Panjang. (adek)