Anggota DPRD Padang Rapat Paripurna Penyampaian RAPBD 2020

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Anggota DPRD Padang Rapat Paripurna Penyampaian RAPBD 2020

Minggu, 15 September 2019
.
PADANG - Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024 mengikuti rapat paripurna penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Padang Tahun Anggaran 2020 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024 oleh walikota Padang, Kamis (12/9).

"Terkait penyampaian Nota Keuangan RAPBD TA 2020 ini, dimaksudkan untuk memenuhi ketentuan formal sebagaimana yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. Selain itu juga untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan serta rencana kerja anggara yang akan dilaksanakan pada TA 2020," sebut Wako Mahyeldi.

Selain itu, rancangan Teknokratik RPJMD merupakan naskah akademik RPJMD yang memuat kajian secara empirik dan ilmiah terhadap kondisi, potensi, masalah
dan isu-isu strategis yang dihadapi di masa kepemimpinan periode jabatan Walikota Mahyeldi dan Wakil Walikota Hendri Septa nantinya.

.
Melalui hal itulah akan tergambar potret Ibukota Provinsi Sumatera Barat itu lima tahun kemudian yakni di 2024. “Kita ingin wajah Kota Padang berubah tahun depan. Rancangan teknokratik menentukan perubahan tersebut, karena menjadi dasar penyusunan yang wajib dimuat dalam RPJMD 2019-2024,” kata Walikota Padang. Menurut Mahyeldi, penggalian data awal potensi dan isu-isu permasalahan strategis dari setiap OPD menjadi materi penting untuk penyusunan RPJMD Teknokratik.

Diharapkan semua pelaksanaan program nantinya lebih terukur. Menurutnya rancangan teknokratik RPJMD merupakan rancangan dokumen perencanaan 5 tahunan yang disiapkan oleh pemerintah daerah dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik. 


.
“Perencanaan ini bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah,” katanya.

Dalam waktu dekat juga akan disampaikan Ranperda SOTK terutama nomenklatur kominfo dan kehumasan pada perubahan APBD. Walikota Padang berharap pimpinan definitif DPRD Kota Padang segera dilewakan dalam waktu dekat agar program dan kegiatan Kota Padang segera berjalan. (*)


.