Angin Kencang dan Hujan Lebat Hantam Payakumbuh, Beberapa Rumah Rusak Berat

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Angin Kencang dan Hujan Lebat Hantam Payakumbuh, Beberapa Rumah Rusak Berat

Kamis, 05 September 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com  -- Hujan lebat disertai angin kencang melanda Kota Payakumbuh, Kamis (05/09/2019) sore. Puluhan pohon besar tumbang menimpa rumah. Sebagian ada batang pohon yang melintang di jalan setelah memutuskan jaringan kabel PLN. Satu diantaranya adalah sebuah kandang ayam rata dengan tanah.

Dampak terparah terdapat di Kecamatan Payakumbuh Utara khususnya di kawasan Tambago Kelurahan Taratak Padang Kampuang dan Kaniang Bukik, Kelurahan Tigo Koto Dibaruah.

Hujan deras yang disertai angin kencang, Kamis (5/9) sore mengakibatkan satu rumah di Koniang Bukik RT 1 RW 2 Kelurahan Tigo Koto di Baruah Kecematan Payakumbuh Utara tertimpa pohon tumbang.

Rumah yang diketahui milik pasangan Suhaimi (40) Leni Marlina (36) itu diketahui tertimpa pohon enau yang terdapat di samping rumah itu  sekitar 14.30 WIB.

Akibatnya, atap rumah sederha itu mengalami rusak berat, sehingga air masuk ke dalam rumah. Dinding rumah juga mengalami retak, peralatan rumah tangganya sebagian besar juga mengalami kerusakan.

Leni Marlina yang ditemui di lokasi mengatakan, saat hujan deras disertai angin kencang ia bersama suami dan dua anaknya tengah duduk di ruang tamu.

"Saat hujan deras itu kami dikejutkan oleh pohon tumbang dan kami sekeluarga langsung lari keluar rumah dan minta pertolongan. Ayah kakinya luka karena seng," kata Leni.

Rumah yang masih dalam tahap pengerjaan rehab rumah tak layak huni dipastikan tak bisa lagi ditempati Leni Marlina dan keluarga. "Untuk sementara kami akan tinggal di rumah orangtua," jelasnya.

 Sampai berita ini diturunkan, pihak BPBD Kota Payakumbuh masih di lokasi untuk memembersihkan puing-puing pohon yang tumbang. (Ah)