Aswana Dharma Bangga, Sungai Duo Nagari Statistik Perdana di Indonesia

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Aswana Dharma Bangga, Sungai Duo Nagari Statistik Perdana di Indonesia

Kamis, 05 September 2019
H Rasul Hamidi Dt Sari Dano, Ketua Aswana Dharma

Dharmasraya Fajarsumbar.com - Munculnya Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dalam Provinsi Sumatera Barat, sebagai nagari statistik perdana di Indonesia, jadi kebanggaan bagi daerah mekar itu. 

Hal ini terungkap saat dilaksanakan pencanangan nagari statistik oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, juga dihadiri oleh Wabup H Amrizal Dt Rajo Medan, Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, Dr. Sukardi, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Sumbar, Ketua DPRD Dharmasraya Defrino Anwar, Wakil Ketua H Adi Gunawan, Forkopimda, serta kepala dinas, kepala kantor, instansi, camat, dan wali nagari se-Dharmasraya dilapangan hijau Koto Agung nagari setempat Rabu (4/9).

"Sebagai nagari statistik perdana di negara ini, tentu menjadi kebanggaan kita bersama, sehingga akan memunculkan semangat bagi seluruh nagari lainnya di kabupaten berjuluk Ranah Cati Nan Tigo untuk saling berlomba mengikuti jejak Nagari Sungai Duo," sebut Ketua asosiasi wali nagari Dharmasraya (Aswana Dharma) H Rasul Hamidi Dt Saridano, ketika ditemui saat acara pencanangan. 

Menurut Wali  Nagari Sungai Rumbai tersebut, juga menegaskan kepada seluruh walinagari agar belajar dan berkoordinasi kepada wali nagari Sungai Duo, agar seluruh nagari diwilayah Dharmasraya juga termasuk sebagai nagari statistik. 

Pasalnya, data statistik merupakan bagian integral dari sistem pemerintahan. Jika data statistik itu lengkap, terintegrasi dengan kecamatan dan kabupaten, disertai dengan keakurasian data, maka pengambilan keputusan oleh pemerintah bisa cepat dan tepat.  Itulah sebabnya, statistik merupakan salah satu prasyarat untuk menciptakan pemerintahan bersih dan akuntabel. 

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak semua pihak untuk senantiasa bekerja dengan penuh semangat. Sehingga tercapai segala maksud dan tujuan nagari. 

"Alhamdulilkah kita masih bisa membuat sesuatu yang baik dan dapat dicontoh oleh daerah lain supaya menjadi baik. Oleh karenanya, jajaran Pemkab Dharmasraya agar memberikan bimbingan  bagi nagari Sungai Duo," kata bupati termuda di Indonesia itu.

Kepala Kantor BPS Provinsi Sumatera Barat, Dr. Sukardi mengatakan, bahwasanya Nagari Sungai Duo merupakan nagari statistik pertama di Indonesia. Semoga dapat diikuti oleh nagari lain diwilayah Dharmasraya dan umumnya Sumbar. 

Secara terpisah Wali Nagari Sungai Duo Ali Amran. S.Pd,  menyebutkan nagari dibawah kepemimpinnanya itu, selalu memanfaatkan Sistem Informasi Nagari (SINAR). Telah aktif sejak tahun 2016 silam. Melalui program SINAR, nagari dapat memanfaatkan kader, sebagai perpanjangan tangan pemerintahan nagari untuk melaksanakan pendataan kepada warga binaannya. 

Setiap bulan, seluruh kader membuat laporan dan menyampaikan data kepada pihak petugas pemerintahan nagari. Selanjutnya, petugas nagari langsung memasukan data ke Web nagari. Sehingga dapat diakses oleh seluruh masyarakat. 

Dalam hal ini, nagari Sungai Duo juga menyediakan WiFi gratis dilingkungan kantor wali. Hal ini bertujuan untuk memanjakan pengunjung saat menikmati wisata kuliner berada di seputaran kantor wali nagari. 

Ali Amran juga menambahkan, bahwa kekurangan nagari saat ini, belum adanya Videotron, agar masyarakat bisa melihat dengan mata telanjang segala program dilaksanakan nagari. (Syaiful Hanif)