BJ Habibie Dimakamkan di Sebelah Makam Ainun

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

BJ Habibie Dimakamkan di Sebelah Makam Ainun

Jumat, 13 September 2019
.

Jakarta, fajarsumbar.com -Presiden RI ke-3,  BJ Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9). Ia  dimakamkan secara militer dalam suasana haru yang menyelimuti.

Pantauan di lokasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pemakaman. Habibie dima kamkan tepat di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun Besari.

Jenazah Habibie diangkut oleh 8 orang personel TNI/Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan 3 kepala staf angkatan TNI, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, serta KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, yang menerima jenazah Habibie untuk dimakamkan secara militer.

Tabuhan drum band mengiringi jenazah Habibie saat dibawa masuk ke kompleks pemakaman. Kemudian turut dibacakan pula riwayat hidup Habibie hingga bintang jasa luar negeri dan tanda kehormatan kenegaraan yang pernah didapat semasa hidup.

“Saya Presiden RI atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum, nama Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie. Jabatan Presiden ke-3 RI, putra dari Bapak Awi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran negara dan bangsa pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” ujar Jokowi saat upacara.

Saat jenazah Habibie diturunkan ke liang lahat, bendera Merah Putih dibentangkan setinggi dada. Dua putra Habibie, Ilham dan Thareq, ikut membantu penurunan jenazah sang ayah ke liang lahat. Penghormatan terakhir pun ditandai dengan tembakan salvo.

Sebelum liang lahat ditutup, keluarga Habibie melakukan tabur bunga. Alunan musik lagu ‘Gugur Bunga’ menambah haru prosesi pemakaman.

Sepanjang upacara, para keluarga, kerabat, personel TNI, para tokoh dan warga mendampingi prosesi dikebumikannya sang bapak teknologi Indonesia itu. Tampak beberapa di antaranya Wapres Jusuf Kalla (JK), Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain itu, ada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto, Menaker Hanif Dhakiri, Menko PMK Puan Maharani, Menkeu Sri Mulyani, Menristek Dikti M Nasir, Mensos Agus Gumiwang, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menag Lukman membacakan doa di akhir upacara.

BJ Habibie wafat dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9). Pemerintah juga mengimbau masyarakat dan lembaga kenegaraan mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari.(*)