Camat Harus Bina Hubungan Dengan Masyarakat

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Camat Harus Bina Hubungan Dengan Masyarakat

Kamis, 05 September 2019

Tanah Datar.fajarsumbar.com- Percepatan pembangunan di segala bidang dan dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat sangat didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif.
Hal itu sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. Bupati Irdinansyah Tarmizi bersama wakilnya Zuldafri Darma yang berkomitmen memajukan Tanah Datar Luhak Nan Tuo berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Termasuk salah satunya, mutasi dan rotas jabatan yang belum genap sebulan dilakukan di berbagai posisi termasuk jabatan camat mendorong penyegaran birokrasi, maka dilakukanserah terima jabatan populer disebut sertijab itu sekaligus pisah sambut.
Salah satunya Camat Kecamatan Sungai Tarab dari pejabat lama Riswandi kepada camat baru Afrizal, , dan Sekretaris Camat (Sekcam) lama Reni Susanti kepada Sekcam baru Yessy Akmaliza.
Prosesi sertijab dan pisah sambut yang berlangsung, Rabu (04/09) di halaman kantor camat setempat berlangsung khidmat. Disaksikan Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Ermon Revlin, Pejabat Daerah, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, Forkopimca, Tokoh Masyarakat dan undangan yang hadir, tampuk pimpinan resmi diserahkan dari pejabat lama Riswandi kepada pejabat baru Afrizal tersebut.
Bupati melalui staf ahli Ermon Revlin ini menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada ASN yang telah dilantik dan katakan jika jabatan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab, ikhlas, jujur, profesional, loyalitas dan berdedikasi dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
"Selamat bertugas kepada Camat Baru Afrizal dan Sekcam Yessy Akmaliza serta terima kasih kepada Camat Lama Riswandi dan Sekcam Reni Susanti yang telah mengabdi di Kecamatan Sungai Tarab," ucapnya.
Ermon juga sampaikan jika Tanah Datar minim Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dikatakannya tiga fokus pembangunan daerah yang harus menjadi perhatian bersama yaitu peningkatan SDM, Pengembangan Pertanian dan Potensi Pariwisata.
Dimintanya juga kepada camat baru, untuk merumuskan tiga subsistem pembangunan yaitu pemerintahan, masyarakat dan swasta, sehingga pembangunan daerah ke depannya lebih baik lagi.
"Bina hubungan baik dan tingkatkan silaturrahmi dengan masyarakat, guna menampung aspirasi dan masukan serta mencari solusi atas setiap permasalahan yang ada. Kedepan akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan Wali Nagari serentak, kepada camat dan seluruh perangkat untuk menjaga netralitas dan stabilitas politik di wilayah kerja masing-masing," pesan Ermon.
Sebelumnya pejabat camat lama Riswandi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Kepemudaan pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga menyampaikan jika telah bertugas di Kecamatan Sungai Tarab selama dua tahun.
Dan pada kesempatan itu Riswandi mohon pamit dan sampaikan permohonan maaf jika selama bertugas menjabat sebagai camat ada kesalahan mupun silap kepada perangkat kecamatan dan seluruh elemen masyarakat.
Pada kesempatan yang sama camat baru Afrizal mengatakan akan terus melanjutkan program-program kacamatan yang telah dirintis selama ini dan berupaya akan berbuat yang terbaik untuk kemajuan Kecamatan Sungai Tarab ke depannya.
Afrizal yang sebelumnya pernah juga bertugas sebagai ASN selama 12 tahun di Kecamatan Sungai Tarab, minta dukungan dan kerja sama para wali nagari untuk bersama-sama membangun Sungai Tarab kedepan agar lebih baik lagi.
"Kami mohon dukungan tidak semata wali nagari, namun semua unsur dan lapisan masyarakat, mari bersama-sama mendukung program pemerintah daerah dan kita bangun Sungai Tarab agar ke depannya maju dan berkembang," ucapnya.(adek)