Dharmasraya Menuju Pemerintahan yang Transparan

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Dharmasraya Menuju Pemerintahan yang Transparan

Rabu, 04 September 2019
.

Dharmasraya, fajarsumbar.com - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan langsung turun tangan dalam rangka pencanangan basis statistik. Kegiatan dipusatkan di lapangan Kito Agung Blok B, Kenagarian Sungai Duo, Kecamatan Sitiung Rabu (4/9).

Pada kesempatan itu, juga dihadiri oleh Wakil Bupati H Amrizal Dt Rajo Medan, Ketua DPRD Defrino Anwar, Wakil Ketua DPRD H Adi Gunawan, Wakapolres Kompol Hendra Samri, kepala dinas, kantor, instansi, camat, wali nagari, serta tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat.

Keberhasilan Dinas Kominfo dibawah pimpinan Sutan Taufik sebagai walidata kabupaten mekar itu, tentunya dalam rangka merealisasi  mimpi besar agar memikiki basis data statistik akurat berbasis nagari.

Terpenting lagi, dalam rangka mendukung kebijakan pimpinan dalam mewujudkan  pemeintahan berjalan secara akuntabel, bersih dan transparan.

Ditunjuknya Nagari Sungai Duo sebagai pilot projek, dikarenakan  nagari tersebut telah memiliki perangkat keterbukaan informasi publik. Seperti website dikelola secara aktif, jaringan internet juga lancar. Terpenting lagi, masyarakat memiliki partisipasi tinggi terhadap adopsi inovasi.

Dinas Kominfo bersama instansi terkait termasuk Bagian Humas Setkab, akan melaksanakan pengumpulan data, menyusun tampilan dokumen diperlukan, serta penyajian sistem terintegrasi melalui pengaksesan sistem ini, sehingga memungkinkan pihak manapun dapat melihat dan mengambil manfaat dari penyajian data yang terus dikoreksi sesuai perkembangan lingkungan.

Setelah Sungai Duo, Dinas Kominfo Kabupaten Dharmasraya juga membidik satu nagari dalam satu kecamatan meniru Nagari Sungai Duo dalam soal data statistik dan sisitem penyajiannya di website nagari. Sehingga tahun berikutnya seluruh nagari dipastikan punya sistem dan data statistik terintegrasi, akurat dan mudah diakses, kata Sutan Taufiq.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyambut baik inovasi yang dimotori Dinas Kominfo. Menurutnya pemerintah sedang berupaya menuju sistem pemerintahan bersih, transparan dan akuntabel.

Untuk itu perlu didukung dengan sistem informasi statistik memadai, jujur dan juga akurat. Nagari statistik adalah bentuk implemntasi, disebut dukungan data statistik akurat, terintegrasi, cepat dan mudah diakses, pungkas Sutan Riska Tuanku Kerajaan.  (Syaiful Hanif)