Dinas PUPR Dharmasraya Kebut Pengerjaan Jalan Candi Pulau Sawah

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Dinas PUPR Dharmasraya Kebut Pengerjaan Jalan Candi Pulau Sawah

Selasa, 10 September 2019
.

Dharmasraya, fajarsumbar.com - Dinas Pekerjaan umum perumahan rakyat ( PUPR) Kabupaten Dharmasraya kebut pelaksanaan pembangunan, terutama pembenahan akses jalan ke Candi Pulau Sawah, merupakan pusat acara Arung Pamalayu dan Talkshow Kemaritiman.

Agenda Festival Pamalayu, akan digelar pada Senin 23 September mendatang, akan dihadiri Mentri dan pejabat tinggi negara itu, perlu menjadi acuan dan pedoman bagi warga Dharmasraya sebagai bentuk kepiawaian pasangan Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama H Amrizal Dt Rajo Medan, dalam membangun kejayaan daerah kedepan.

Untuk, menjamu tamu negara tersebut, pihak PUPR juga mengebut berbagai persiapan akses fisik. Meliput perbaikan jalan menuju komplek candi Pulau Sawah sekaligus pengerasan jalan di kawasan komplek candi, bakal menjadi lokasi talkshow kemaritiman.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Setkab Dharmasraya, Budi Waluyo menjelaskan, hari ini akses jalan mulai dari simpang Silago menuju Pulau Sawah mengalami perbaikan, terutama dengan adanya titik aspal yang mengelupas. Dinas PUPR menurunkan sejumlah alat berat untuk menata kembali jalan jalan yang tidak nyaman dilewati. Dengan adanya perbaikan tersebut diharapkan warga masyarakat baik yang datang dari Kabupaten Dharmasraya maupun dari luar kabupaten bisa dengan nyaman menyaksikan acara alek kebudayaan terlama dan terbesar itu.

Ia juga menjelaskan, di komplek candi Pulau Sawah telah dibersihkan. Akses jalan dalam komplek tampak mulai dilapisi kerikil. Sejumlah eskavator dan damtruck diterjunkan ke lokasi. Kepala Dinas Budparpora Sutan Hendri tampak mengawasi persiafan fisik lokasi ditemani Ketua KONIDA Kabupaten Dharmasraya, M. Dani Dt. Rajo Malano.

Menurut juru bicara Bupati Dharmasraya itu, dalam waktu dekat pihaknya diharapkan dapat menyelesaikan semua persiapan fisik lapangan. Persiapan fisik ini akan membuat nyaman para peserta Arung Pamalayu dan Talkshow Kemaritiman. Seperti diketahui, acara tersebut akan dihadiri ribuan pemimpin adat dari Dharmasraya dan para pembesar dari sejumlah kementerian. Para pemimpin daerah tetangga juga bakal diundang untuk acara yang diperkirakan bakal dihadiri ribuan orang ini.

Sementara persiapan non fisik juga terus berjalan. Panitia secara lengkap akan menggelar pertemuan untuk mengevaluasi hasil pekerjaan yang selama ini dilakukan, mulai persiapan fisik dan non fisik. Pertemuan evaluasi itu akan langsung dipimpin oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pungkasnya. (Syaiful Hanif)