DLH Pasbar Uji Kelayakan Udara, Hasilnya Mengejutkan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

DLH Pasbar Uji Kelayakan Udara, Hasilnya Mengejutkan

Minggu, 15 September 2019
Petugas saat melakukan pengambilan sampel udara ambien di Halaman Kantor Bupati Pasbar.

Pasbar, fajarsumbar.com -  Akibat kabut asap kiriman sejak empat hari belakangan yang mulai terasa di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Dinas Lingkungan Hidup Pasbar melakukan pengambilan sampel udara ambien (udara bebas di permukaan bumi).

Pengambilan sampel itu dilakukan disekitar halaman Kantor Bupati setempat untuk diuji apakah masih tergolong sehat atau tidak. "Kami melakukan pengambilan sampel sekitar pukul 10.00 WIB pagi kemaren," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Andrinaldi, Minggu (15/9).

Dijelaskan, pengambilan sampel dilakukan selama tiga jam menggunakan alat high volume air sampler. Alat high volume air sampler untuk pengukuran parameter Total Suspended Particulate (TSP), Partikel kurang 10 melimeter (PM 10) dan PM.2.5.

Selain menggunakan alat alat high volume air sampler, pihaknya juga menggunakan alat air impinger sampler untuk pengukuran parameter sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2)," jelas Adrinaldi.

"Untuk saat ini kita masih menunggu hasil labor, paling cepat di hari Rabu depan akan keluar hasilnya," terangnya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sumbar yang diterima hasil pengukuran kualitas udara dengan keterangan membaik di Pasaman Barat.

Namun kita masih menunggu hasil labor. Nanti jika hasil labor sudah ada, akan kami beritahukan secepatnya. "Jika tidak sehat, maka warga disarankan untuk menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah," imbaunya. (fan]