Dua Pustu Ditinjau Dinkes Mentawai

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Dua Pustu Ditinjau Dinkes Mentawai

Kamis, 12 September 2019
.

Tuapejat, fajarsumbar.com - Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai meninjauan pelayanan kesehatan di dua puskesmas pembantu (Pustu), Kamis (12/9/2019).

Dua pustu itu Gosooinan dan Pustu Bukit Pamewa. Tak sekedar meninjau, tim juga berdiskusi sekaligus memberikan motivasi kepada petugas kesehatan di masing-masimg Pustu. 

"Kita berharap, Pustu sebagai pelayanan terdepan agar bergerak responsif terhadap setiap permasalahan kesehatan di wilayahnya. Sebab, upaya pelayanan kesehatan di lapisan paling bawah ini sangat menentukan hasil pencapaian derajat kesehatan masyarakat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, di sela berlangsungnya kegiatan peninjuan. 

Ia menekankan bahwa pelayanan pengobatan atau kuratif, pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan dengan upaya preventif dan promotif di dusun, merupakan bagian dari upaya kesehatan yang harus berjalan dengan baik dan perlu didukung oleh pemerintah desa. 

"Sebagai contoh, masalah sanitasi perlu intervensi dari berbagai sektor sehingga percepatan universal coverage dapat diwujudkan. Penyelesaian permasalahan sanitasi juga mendukung upaya penurunan stunting," urai Lahmuddin. 

Selanjutnya, ia mengajak segenap elemen terkait pelayanan kesehatan untuk concern pada kerja bersama mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik. (st)

"Tenaga kesehatan agar selalu menumbuhkan semangat, memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat," himbau Lahmuddin.