Festival Muharram, SMA 1 Batusangkar Pemuncak Lomba MSQ

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Festival Muharram, SMA 1 Batusangkar Pemuncak Lomba MSQ

Selasa, 17 September 2019
Penampilan peserta Festival Muharram (photo : Humas TD)
Tanah Datar,fajarsumbar.com - Hari kedua Festival Muharam 1441 Hijiriah memperlombakan Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) tingkat SMA/MA diikuti secara antusias oleh 12 utusan SMA/MA se Kabupaten Tanah Datar.
Terlihat masing-masing peserta menunjukkan kemampuannya dalam berdakwah melalui Pensyarah, Tilawah dan Sari Tilawah, Selasa (17/9/2019) di lokasi Pasar Van Der Capellen, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.
Bertindak selaku juri saat itu Kamaruzaman yang mengatakan komponen dalam penilaian pada lomba MSQ di Festival Muharam ini mencakup adab, ketepatan judul, vocal, gaya bahasa dan sebagainya.
Ia pun berharap melalui acara ini generasi muda bisa menjadi garda terdepan mencegah perbuatan keji dan mungkar terkhusus di Luhak Nan Tuo.
“Pasca acara ini mudah-mudahan membawa berkah tersendiri bagi generasi selanjutnya, yang mampu mengfungsikan iman dari dalam diri untuk menangkis dampak negatif lingkungan, teknologi dan informasi,” ujar Kamaruzaman.
Di akhir acara para peserta pun nantinya diberi sertifikat karena telah berkontribusi di acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, bertujuan untuk mewujudkan generasi Tanah Datar yang qurani.
Zahratul Jannah dari MAN 1 Tanah Datar selepas penampilannya berharap acara seperti ini terus berkelanjutan sebagai wadah untuk mengekpresikan bakat dalam menyiarkan agama.
“Saya, teman-teman lainnya sangat antusias mengikuti acara ini. Sebelum penampilan, kami sudah latihan, seminggu lamanya. Mudah-mudahan acara seperti ini terus ada,” ujar Zahratul Jannah yang juga pernah meraih harapan II dalam ajang MSQ tingkat Sumatera Barat tahun 2018 silam.
Pemenang lomba Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) antar siswa SD/MI yang digelar kemaren yang sudah dirilis panitia, secara berturut-turut sebagai juara yaitu raihan Elfirdausi, dkk (Lima Kaum), Adistya Ramadhiani, dkk (Salimpaung), Zezica Febriola, dkk ((Lintau Buo), Carissa Nefitri, dkk (Lintau Buo), Nazifatu Rahmi, dkk (X Koto) dan Asilah Nurzila, dkk (Pariangan).
Sementara untuk MSQ yang baru usai dilombakan, yang menjadi Juara I Khairunnisa, dkk (SMA 1 Batusangkar) selanjutnya diikuti Zahratul Jannah, dkk (MAN 1 Batusangkar), Nurul Husna, dkk (MAN 2 Tanah Datar), Rahadatul Alsy (SMA 3 Batusangkar), Febesa Utami, dkk (SMA 1 Pariangan) dan Lailatul Fitriani (Ponpes Darul Ulum). (adek)