Festival Pamalayu Dharmasraya Dirancang Semeriah Mungkin

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Festival Pamalayu Dharmasraya Dirancang Semeriah Mungkin

Selasa, 03 September 2019
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama Wali Nagari Siguntur Aswat. SE. MM, dan tokoh masyarakat saat meninjau lokasi Padang Roco. (humas)

Dharmasraya, fajarsumbar.com - Bentuk rasa semangat pagelaran pesta rakyat tertuang dakan Festival Pamalayu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyumbangkan satu ekor kerbau albino atau kerbau putih untuk disembelih, hal ini disampaikan  dalam pembahasan persiapan rangkaian acara arung Pamalayu di rumah kediaman bupati pada Senin (1/9)

Banyak hal dikemukakan oleh bupati pada rapat koordinasi tentang pelaksaan festival Pamalayu dihadiri oleh kepala OPD, walinagari se kecamatan Sitiung dan Pulau Punjung, Kabag Humas dalam bentuk membahas kemeriahan acara festival Pamalayu, mulai dari rancangan penyambutan tamu luar daerah dan lapisan masyarakat akan hadir. 

Kabag Humas, Budi Waluyo, disela rapat koordinasi tentang pelaksanaan festival Pamalayu mengatajan, pada 23 September 2019 akan digelar talk show Pamalayu di lokasi komplek candi Padang Roco dan Candi Pulau Sawah, bertempat di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung. Selain itu, juga akan dilaksanakan penyembelihan tiga ekor sapi dan satu ekor kerbau putih, merupakan sumbangan dari bupati Sutan Riska. 

"Pada tanggal 23 september selain digelar acara arung Pamalayu, puncak acaranya ditandai dengan talk show Pamalayu. Lebih tepatnya sebagai rasa syukur masyarakat memotong sapi dan kerbau untuk dimasak dan dimakan bersama tamu yang hadir, baik dari daerah maupun luar daerah", terang BW, panggilan karib Kabag Humas itu.

BW menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan kemeriahan acara, ada tiga ekor Sapi akan dipotong untuk dimasak, pertama sumbangan dari Wali Nagari Siguntur Aswat 1 ekor, iuran OPD 1ekor, serta sumbangan Kadis Pendidikan Dharmasraya Marius,  1 ekor Sapi. Sumbangan itu, murni dengan niat untuk pesta rakyat, akan dimasak dan dikonsumsi bersama dengan olahan masakan khas Dharmasraya. 

Sedangkan kerbau putih atau kerbau Albino yang nilai jualnya sekira Rp400 juta, milik Bupati Sutan Riska juga akan disembelih secara bersamaan, sebagai sumbangan dari orang nomor Wahid daerah mekar itu. 

"Bupati melihat masyarakat Dharmasraya begitu semangat dalam pelaksanaan acara, tentunya beliau tak kalah semangat, buktinya menyumbangkan ke masyarakat kerbau putih kesayangannya," ujar BW.(syaiful hanif)