Giat Prestasi Daerah Pramuka Penggalang Tingkat Sumbar Resmi Dibuka

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Giat Prestasi Daerah Pramuka Penggalang Tingkat Sumbar Resmi Dibuka

Kamis, 12 September 2019
Tanah Datar, fajarsumbar.Com- Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma membuka secara resmi acara Giat Prestasi Daerah Tingkat Pramuka Penggalang 2019 yang digagas oleh Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang bertempat, di Bumi Perkemahan, Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (11/9/2019).

Dengan moto “Setiaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan” acara tersebut berlangsung pada tanggal 11 s/d 14 September 2019 diikuti Penggalang Pramuka dari 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Zuldafri dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak yang telah melaksanakan Giat Prestasi Daerah Tingkat Pramuka Penggalang tahun ini, yang dipandang cukup strategis untuk pengembangan jiwa, keterampilan serta bakat pramuka penggalang, dikemas dengan berbagai macam kegiatan lomba kepramukaan.

“Acara ini menjadi wadah silaturahmi sesama penggalang pramuka utusan kwartir cabang gerakan pramuka se Sumatera Barat. Banyak manfaat diperoleh dalam acara ini di antaranya menumbuhkan kesadaran disiplin hidup, melatih kepedulian sosial di lingkungan masyarakat, memupuk nilai-nilai semangat nasionalisme, patriotisme dan bela negara. Maka dari itu ikutilah acara ini dengan penuh semangat,” ujar Wabup Zudafri.

Wabup Zuldafri juga mengharapkan kepada semua peserta penggalang pramuka 2019 ini untuk dapat memperkuat keakraban, karena memang peserta penggalang pramuka berusia tidak terpaut jauh yakni 11 s/d 13 tahun, di usia relatif sama itu tidak akan merasa cangung untuk bisa saling bercengkrama satu dengan lainnya.

“Sesampainya di sekolah masing-masing setelah menyelesaikan Giat Prestasi Daerah Tingkat Pramuka Penggalang 2019 ini, jalin terus komunikasi jangan sampai terputus, sampaikan energi positif yang didapat selama giat ini kepada teman-teman lainnya, salam pramuka,” ujar Wabup Zudafri.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat Bustavidia berharap kegiatan yang bagus sekali itu berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan hingga dipuncak acara nantinya, ke depannya ia juga berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan. “Kita menghimbau para peserta untuk menjaga stamina dengan baik agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara optimal,” ujar Bustavidia.

Waka Bina Muda Kwarda Propinsi Sumatera Barat Irman selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan giat prestasi daerah tingkat pramuka penggalang 2019 kwartir daerah 03 gerakan pramuka Sumatera Barat sebagai peringatan hari lahir pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus.

“Peringatan hari pramuka ke 58 ini telah terlaksana berbagai kegiatan, seperti kegiatan bakti prestasi serta apel besar pramuka. Dan memang giat prestasi daerah tingkat pramuka penggalang tahun 2019 ini juga salah satu bentuk peringatan hari yang bersejarah bagi pramuka di seluruh nusantara,” ujar Irman.

Irman menambahkan materi kegiatan terdiri dari lomba Peraturan Baris Bebaris (PBB) tanpa tongkat, lomba pionering, lomba Musabaqah Syahril Quran (MSQ). Dipenghujung acara juga dimeriahkan oleh permainan anak nagari dan kesenian daerah.

Hadir dikesempatan itu Kapolres Tanah Datar AKPB H. Bayu Aji Yudha Prajas, Dandim 0307 Tanah Datar diwakili Pasi Ops M. Ferizal, Kajari Tanah Datar diwakili Kasi Intel Tatang Hermawan, Ka Kwarcab 0304 Tanah Datar Anton Yondra, Jajaran Pengurus Kwarda 03 Sumatera Barat, Jajaran Kwarcab 0304 Tanah Datar dan tamu undangan lainnya.(adek)