Harga Pangan di Payakumbuh Stabil

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Harga Pangan di Payakumbuh Stabil

Rabu, 04 September 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Demi kestabilan harga pangan di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh mengadakan rapat koordinasi dengan Dewan Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh di ruang pertemuan Hotel Bundo Kanduang, Rabu (04/09).

Dewan Ketahanan Pangan merupakan lembaga non struktural yang bertugas membantu Kepala Daerah dalam merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan serta melaksanakan evaluasi dan pengendalian untuk mewujudkan ketahan pangan daerah.

"Peningkatan harga di pasar terkadang meningkat sangat tinggi, serta daya beli masyarakat juga rendah" kata Edvidel Arda Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh.

Edvidel mengungkapkan fluktuasi harga yang sering terjadi untuk harga pangan di pasaran dapat menimbulkan keresahan dan juga mempengaruhi perekonomian ditengah masyarakat.

"Pemerintah mengupayakan untuk menstabilkan harga pangan karena banyak petani yang merasa dirugikan oleh tidak stabilnya harga pangan," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz menjelaskan banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya gejolak harga pangan dipasaran, seperti tidak tersediannya kebutuhan pangan yang cukup, terjadinya penimbunan barang serta saat terjadinya panen raya dimana terjadi penurunan daya beli oleh pedagang kepada petani karena stok yang sudah melimpah.

"Dengan rapat koordinasi ini diharapkan dapat dicarikan solusi supaya kestabilan harga pangan dapat terjaga, dan tidak ada lagi keresahan di tengah-tengah masyarakat akibat lonjakan harga pangan," kata Erwin.

Wawako menegaskan eksistensi Pemerintah bukan sebagai pesaing untuk para pengusaha melainkan sebagai mitra usaha, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pemerintah dan pengusaha bersama-sama menjaga pasokan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harganya," pungkas Wawako tegas. (*)