HPI Bertekad Majukan Dunia Pariwisata

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

HPI Bertekad Majukan Dunia Pariwisata

Selasa, 17 September 2019
Rakerda HPI Sumbar Tahun 2019 (photo : Kominfo PP
Padang Panjang, fajarsumbar.com- Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) merupakan Organisasi profesi yang bersifat non-politik dan mandiri baik di Tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Didirikan berdasarkan hasil Temu Wicara Nasional Pramuwisata Indonesia di Pandan (Jawa Timur) pada tanggal 29-30 Maret 1988 dan disyahkan namanya pada tanggal 5 Oktober 1988 di Palembang (Sumatera Selatan) saat MUNAS Pertama Pramuwisata seluruh Indonesia.
Pada hari ini, Selasa (17/09). Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Sumatera Barat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke VIII di Hotel Flaminggo Padang Panjang yang dihadiri oleh perwakilan dari seluruh DPC HPI se-Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat.
Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Hendri Fauzan, AP, M.Si saat membuka acara tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPD HPI Provinsi Sumatera Barat yang telah memilih Kota Padang Panjang sebagai tempat dilangsungkannya Rakerda tersebut.
Beliau juga menyebutkan, keberadaan Pramuwisata juga berperan penting dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang akan berkunjung.
"Faktor utama yang harus diandalkan dalam upaya pengembangan sektor pariwisata tidak semata-mata kawasan wisata menarik, sarana dan prasarana yang lengkap, atau budaya yang unik, tanpa keberadaan pramuwisata, dapat dipastikan daya tarik wisata kurang lengkap, "ucapnya.
Keberadaan HPI sebagai wadah pramuwisata di Tanah Air mesti diperkuat agar dapat berperan optimal dalam melatih dan memberdayakan anggota untuk berbuat yang terbaik bagi kemajuan pariwisata khususnya di Sumatera Barat.
Sementara itu DPD HPI Provinsi Sumatera Barat, Budiman mengatakan Rakerda ini adalah kegiatan tahunan DPD HPI Provinsi Sumatera Barat yang digilir di setiap Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat.
"Salah satu tujuan diadakan Rakerda yang ke VIII ini di Padang Panjang yaitu kami ingin memperkenalkan Padang Panjang kepada para Pramuwisata yang ada di Sumatera Barat, "jelasnya.
Untuk memajukan suatu daerah, syarat utamanya adalah bagaimana kita mampu mempersiapkan SDM dengan mindset yang baik dan bagus, disamping itu HPI juga memiliki tugas yang sangat baik dan mulia yaitu menggembangkan destinasi di daerah masing - masing.
"Tujuan dari Rakerda ini kita ingin menyatukan komitmen/konsep dalam membesarkan organisasi kami yaitu HPI, kami juga akan membahas penuh tentang kinerja dari masing - masing DPC yang ada, "kata Budiman
Kami berterimakasih kepada Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pariwisata atas segala dukungan yang telah diberikan kepada DPC HPI Kota Padang Panjang.
"Dapat kita lihat dan rasakan bahwa komunikasi itu sangat penting artinya dilakukan antara organisasi Independen dengan Pemerintah, "tutupnya.(*/adek)