Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, BJ Habibie Tutup Usia

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Innalillahi Wainnailaihi Rajiun, BJ Habibie Tutup Usia

Rabu, 11 September 2019
Presiden Jokowi menjenguk Presiden ke-3 RI BJ. Habibie, yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (27 - 8) pagi. (Foto: Setpres)

Jakarta, fajarsumbar.com - Indonesia berduka. Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, tutup usia. Habibie meninggal dunia Rabu   (11/9) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat dalam usia 83 tahun.

Kabar meninggalnya BJ Habibie disampaikan oleh Kepala RSPAD Dr. Terawan. “Benar, pukul 18.05 WIB,” ujarnya.

Cucu keponakan BJ Habibie, Melanie Subono, juga memposting soal kepergian BJ Habibie di akun medsosnya. Berikut ini tulisan yang diunggah Mela nie Subono:

Eyang ... SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN ... Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi... Kita disini ikhlas asal eyang bahagia — SELAMAT JALAN —. Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK” - Love you -

Presiden Joko Widodo yang mendapat kabar duka tersebu langsung mendatangi RSPAD Gatot Subroto. RSPAD Gatot Subroto merupakan tempat BJ Habibie menjalani perawatan.

Pantauan detikcom, Jokowi tiba RSPAD Gatot Subroto, pukul 18.10 WIB. Jokowi menggunakan mobil berpelat RI 1. Setiba di rumah sakit itu, Jokowi dan rombongan langsung masuk ke dalam RSAPD. Presiden Jokowi menyampaikan dukacita yang dalam atas wafatnya Presiden RI ke-3 tersebut. Jokowi mengatakan jenazah akan dibawa ke rumah duka di Kuningan, Jakarta Selatan. “Nantinya dari RS Gatot Soebroto akan dibawa ke rumah duka beliau di Kuningan,” kata Jokowi dikutip detikcom.

Jokowi juga menyampai kan bahwa Habibie merupakan bapak teknologi Indonesia dan ilmuwan kelas dunia. “Perkenankan saya atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah menyampaikan duka yang mendalam, menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Profesor BJ Habibie tadi jam 18 lebih 5 menit di RSPAD Gatot Soebroto,” tuturnya.

Lebih jauh Jokowi mengenang BJ Habibie sebagai sosok yang selalu memberikan solusi atas persoalan bangsa. “Selalu setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita, baik yang berkaitan degan persoalan ekonomi, persoalan kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya, kadang sering beliau datang ke Istana, negarawan yang patut kita jadikan contoh dan suri teladan dalam berkehidupan,” kata Jokowi.

Jokowi mendoakan keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan. Dia juga berharap semua orang dapat melanjutkan cita-cita BJ Habibie. 

Ucapan duka cita dan belasungkawa berdatangan dari berbagai tokoh nasional dan dunia. Selamat jalan BJ Habibie, selamat jalan presiden ke-3 Indonesia, selamat jalan sang teknokrat kawakan, selamat jalan putra terbaik bangsa. Indonesia sangat kehilangan sosok jenius yang tiada duanya.

Pihak keluarga mengaku ikhlas melepas kepergian BJ Habibie. Dokter di RSPAD Gatot Soebroto pun dianggap sudah memberikan yang terbaik.

“Tim dokter sudah memberikan terbaiknya, tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya,” kata anak kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto.Tak hanya Thareq, Ilham Habibie juga mendampingi sang ayah di momen terakhirnya.

Menurut rencana, almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di samping makam istri tercintanya, Ainun. “Akan dimakamkan di sebelah almarhum Bu Ainun,” kata Mensesneg Pratikno kepada wartawan di RSPAD Gatot Soebroto, kemarin.

BJ Habibie dan Ainun akan menempati slot nomor 120-121 di TMP Kalibata. Upacara pemakaman menurut rencana dipimpin Presiden RI. “Insya Allah upacara akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” ujar Pratikno.(*)