Kamang Magek bakal Berdiri Pondok Pesantren SMK IT Al-Azhar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Kamang Magek bakal Berdiri Pondok Pesantren SMK IT Al-Azhar

Senin, 09 September 2019
Peletakan batu  pertama  Pembangunan  Pondok Pesantren SMK IT Al-Azhar.Kamang Magek

Agam, fajarsumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, meletakan batu perta pembangunan Pondok Pesantren SMK IT Al Azhar di Kamang Magek, Sabtu (7/9).

Pembangunan SMK berbasis Pembangunan karakter Islami itu di pelopori oleh Ketua DPRD Agam, Novi Irwan.

Pondok Pesantren SMK IT Al Izhar Boarding School dibangun di atas tanah seluas 1,5 hektare di Kamang Magek.

Peletakan batu pertama  oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, itu dihadiri oleh Ketua Sementara DPRD Sumatera Barat Desrio Putera, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Sekretaris DPRD Agam Indra, OPD Sumbar, OPD Agam, Camat, Forkompinca, Tokoh masyarakat, Pimpinan Pondok Pesantren, serta Pimpinan Sekolah se-Agam Timur.

Dalam sambutannya , Ketua DPRD Agam, Novi Irwan yang juga pendiri/pembina Pesantren Al - Izhar dan Al - Azhar mengatakan, dari generasi ke generasi di Agam ini, prioritas utama adalah membangun SDM unggulan dengan segala upaya, baik dari wakaf maupun dari dukungan masyarakat secara umum.

"Sekolah ini dimulai dari wakaf pendiri, perantau, dan masyarakat disekitar sekolah. Harapan kita kedepannya adalah sekolah ini bisa melahirkan generasi yang unggulan yang kokoh dalam akidah, taat beribadah, berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menguasai beberapa aspek keterampilan," ujarnya.

Sementara itu sekretaris pengelolan prodi Dr.H.Aznil Mardin, M.Tp menyebutkan, Boarding School ini merupakan sekolah SMK pertama Berbasis Islam Terpadu yang ada di Sumatera Barat.

Hadirnya SMK IT ini mampu menjadi jawaban dari kebutuhan peningkatan sumber daya manusia dibidang agrobisnis dan pariwisata, karena dua sektor ini juga merupakan sektor andalan  nasional, khusus untuk Sumatera barat dan kabupaten agam. Kehadiran sekolah ini dapat memacu pertumbuhan eknomi didua sektor tersebut.

SMK Islam Terpadu Al-Izhar Boarding school merupakan perpaduan kurikulum yang menitik beratkan pada karakter (dengan berbasis pesantren) dan berbasis kompetensi (dengan berbasis SMK).. sehingga setiap lulusan sadi SMK IT Al-izhar ini memiliki perpanduan karakter dan kompetensi yang siap bersaing dalam menghadapi eknomoni global dan Revolusi Indsutri 4.0 ke depannya.

Karena pendidikan yang berkualitas haruslah mampu merespon kebutuhan saat ini dan dimasa yang akan datang. Karna itulah SMK IT Al-Izhar Boarding School hadir di Sumater Barat.

Demikian dikatakan Dr.H.Aznil Mardin, M.Pt. Sekretaris  pengelola Bidang Kurikulum.
Di kesempatan terpisah  Kasubag Humas DPRD Agam Hasneril menyebutkan, Ketua sementara DPRD Agam ini, merupakan pendiri Sekolah Islam Al Azhar di Agam, Bukittinggi, dan Payakumbuh. (Edi)