Karang Taruna se-Kecamatan Payakumbuh Barat Diberi Penguatan Kapasitas

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Karang Taruna se-Kecamatan Payakumbuh Barat Diberi Penguatan Kapasitas

Kamis, 12 September 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Tak hanya di kelurahan, untuk meningkatkan kapasitas anggota karang taruna, Camat kuga menggelar Pelatihan Karang Taruna se-Kecamatan di Payakumbuh Selatan, Rabu (11/9) di Aula Kantor Camat Payakumbuh Selatan.

Kegiatan Pelatihan Pemantapan Kapasitas Karang Taruna Payakumbuh Selatan ini dilaksanakan melalui kegiatan yang terdapat dalam DPA Kecamatan Payakumbuh Selatan

Camat Payakumbuh Selatan Junaidi, ST, dalam sambutannya, camat inovatif ini menyampaikan bahwa Karang Taruna adalah  garda terdepan dalam membantu pemerintah dalam menyelesaikan masalah sosial di tingkat kelurahan, Karang Taruna harus mampu berinofasi dalam mengembangkan potensi yang ada di Payakumbuh Selatan.

"Diantaranya adanya aliran sungai yang bisa dijadikan ikan larangan atau arung jeram, Bukit-bukit yang bisa dijadikan tempat wisata atau pemanfaatan getah pinus. Pemerintah Kecamatan akan mensupport seluruh kegiatan positif Karang Taruna," kata camat mantap.

Sekcam Payakumbuh Selatan Hendriko, SH juga menyampaikan bahwa dalam anggaran dana ADK dalam kegiatan pemberdayaan juga dibuka ruang untuk mendukung kegiatan Karang Taruna, tinggal Karang Taruna mau memanfaatkannya atau tidak.

Dalam materinya, Gerry Wiliando dari BNN Kota Payakumbuh menyampaikan bahwa Narkoba mengintai terutama generasi muda, dengan berbagai modus dan cara para bandar dan pengedar masuk ketengah masyarakat. Karang Taruna harus bisa menjadi pelopor dan perpanjangan tangan BNN dalam upaya P4GN.

Sementara itu, dari Dinas Sosial Kasi Kelembagaan Metrial Saputra, SH menghimbau Karang Taruna untuk segera berkegiatan dan bergerak sesuai fungsi Karang Taruna terutama menyelsaikan permasalahan Sosial.

Sebagai pemateri terakhir, Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Bung Ade Vianora,SE menghimbau kepada seluruh kader Karang Taruna untuk segera mengeksekusi perencanaan kegiatan yang sudah ada.

"Jadikan karang taruna sebagai wadah pengembangan potensi diri menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. Karang Taruna itu ada untuk menjadi solusi terhadap masalah sosial di tengah masyarakat," pungkas Ade. (Ah)