Kelompok Kontak Tani Nelayan Laksanakan Rembug Utama, Jelang Penas KTNA 2020

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Kelompok Kontak Tani Nelayan Laksanakan Rembug Utama, Jelang Penas KTNA 2020

Minggu, 08 September 2019
.

Padang, fajarsumbar.com - Saat pelaksanaan rembug utama kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) se Indonesia yang digelar di Hotel Grand Inna Padang, Minggu (7/9/2019) malam.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor mengatakan, salah satu pembahasannya adalah persiapan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan Petani Nelayan (Penas KTNA) ke 16 tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat. 

Diakui Sofyan, dalam waktu yang hanya tinggal 9 bulan lagi, dalam pelaksanaannya masih banyak yang harus dipersiapkan demi kelancaran kegiatan besar tersebut. 

"Kita rencanakan tahun depan dilaksanakan pada Juni, maka dari itu kita harus bekerjasama untuk mensukseskannya" ungkapnya. 

Untuk mempercepat proses kesiapan, Sekjen KTNA tersebut berujar bahwa esok (Minggu/ 8/9/2019), akan dilaksanakan pengecekan jumlah peserta yang akan hadir dari seluruh provinsi dan juga rapat bersama panitia penyelenggara, bersama ketua KTNA se Indonesia. 

"Akurasi data peserta sangat penting, karena akan menyangkut dengan banyak hal, seperti penginapan, transportasi dan hal-hal lainnya" sebutnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta rembug, karena sudah datang ke Sumbar untuk kelancaran pelaksanaan Penas KTNA tahun 2020. 

Irwan juga melaporkan bahwa semenjak ditetapkannya Sumbar sebagai tuan rumah, sudah melaksanakan rapat-rapat dan pengecekan langsung ke lokasi bersama semua pihak terkait. 

“Mudah-mudahan dengan rembug ini akan memberikan rekomendasi, sehingga mendapatkan manfaat yang banyak tentunya bagi tuan rumah, terutama rekomendasi dari daerah yang sudah pernah menjadi tuan rumah, seperti Jawa Timur, Kaltim dan Aceh” ujarnya. 

Menurut Gubernur, Sumbar merupakan lokasi yang tepat untuk pelaksanaan Penas KTNA, karena Sumbar adalah provinsi Agraris. Sekitar 690.000 KK di Sumbar bergerak di bidang pertanian, dan 7 Kabupaten/ Kota dari 19 Kabupaten/Kota merupakan daerah yang memiliki pantai, dimana mata pencaharian masyarakat nya tentu nelayan.

“Semoga dengan Penas KTNA ini akan memberikan motivasi bagi para pera petani dan nelayan di Sumbar, untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, karena salah satu rangkaian kegiatannya adalah gelar teknologi tepat guna” sebutnya.

Tahun 2017 silam, Penas KTNA diselenggarakan di Kota Banda Aceh, NAD. Dimana Irwan Prayitno menjadi satu satu nya Gubernur yang menerima Satya Lencana Pembangunan Bidang Pangan, yang disematkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. (fadli)