Kelompok Siaga Bencana Payakumbuh Dikukuhkan

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Kelompok Siaga Bencana Payakumbuh Dikukuhkan

Senin, 09 September 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Pelatihan dan Pengukuhan Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Payakumbuh Tahun 2019 dilaksanakan di Aula Balaikota Lt.3 Bukik Sibaluik, Senin hingga Rabu, 9 s.d 11 September 2019.

Kegiatan pelatihan kelompok siaga bencana (KSB) ini bertujuan untuk lebih berperannya masyarakat dalam penanggulangan bencana yang berada di lingkungannya sendiri, kemudian untuk menyiapkan relawan kebencanaan yang tangguh, tangkas dan tanggap dalam menghadapi bencana khususnya yang terjadi di Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh membuka acara diwakili Asisten III Drs.Amriul M, MPd, didampingi Kalaksa BPBD Kot  Payakumbuh Ir.Yufnani Away, Koordinator Pos Basarnas 50 Kota Robi Saputra,SE, Kabid RR BPBD Kota Payakumbuh Denithral,S.Pd, Kabid PK BPBD Kota Payakumbuh Syamsir Alam,SP, Kabid KL BPBD Kota Payakumbuh Atrimon, turut hadir juga dari BPBD Propinsi Sumatera Barat, Indravery dan Yusra Agustin, serta dari NGO KOGAMI Tommy S.

Kegiatan ini di ikuti oleh Kelompok Siaga Bencana dari 10 Kelurahan dari 5 Kecamatans seperti Koto Panjang Padang, Balai Tangah Koto, Koto Tangah Balai Panjang Pakan Sinayan, Sicincin, Kapalo Koto Dibalai, Parik Muko Aia Koto Tuo Limo Kampung, dan Padang Tiakar.

Amriul Dt. Karayiang berharao melalui kegiatan pelatihan Kelompok Siaga Bencana ini, Kota Payakumbuh dapat memiliki relawan yang tangguh, tangkas dan tanggap terhadap bencana di Kota Randang.

"Kesiapsiagaan diri diharapkan pada akhirnya mampu untuk mengantisipasi ancaman  bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka maupun kerusakan infrastruktur," kata Amriul.

Ditambahkan, mengingat beberapa hari ini sering terjadi hujan deras disertai angin putingg beliung di Kota Payakumbuh, sehingga menyebabkan banyak pohon kayu tumbang dan bahkan ada menimpa rumah warga, alhasil menimbulkan dampak kerugian materil maupun moril.

Amriul berpesan kepada KSB agar bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menghadapi bencana, agar tidak terjadi kerugian jiwa karena nyawa manusia penting untuk diselamatkan terlebih dahulu.

"Walikota Riza Falepi sangat berharap usai dilantiknya KSB kelurahan, dapat menjalankan tugas fungsi dan perannya dengan baik, segera koordinasi bersama OPD terkait apabila membutuhkan bantuan, agar kita bisa menciptakan suasana aman dan nyaman bagis masyarakat," pesannya.

Kegiatan Pelatihan ini berada di Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan oleh Kasi Kesiapsiagaan Trisna Rahmawati, S.Sos. (ah)