Kunker Komite IV DPD ke Sumbar Bahas APBN

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Kunker Komite IV DPD ke Sumbar Bahas APBN

Sabtu, 07 September 2019
Ketua Komite IV DPD RI Adjiep Pandindang didampingi Herman Darnel Ibrahim memberikan cindera mata kepada Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Padang, fajarsumbar.com - Komite IV DPD RI dalam kunjungan kerjanya ke Sumbar, mendorong Gubernur, Bupati dan Walikota untuk jeli untuk merebut dana dari pusat. Banyak celah untuk sumber dana itu, baik dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID).

Dorongan itu diungkapkan Ketua Komite IV DPD RI DR. H. Adjiep Padindang, SE.,MM dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumbar Drs. H. Nasrul Abit bersama Bupati/Walikota dan jajaran OPD Pemprov Sumbar di Rumah Bagonjong, Jum'at (6/9).

Rombongan Komite IV DPD RI, selain Ketua Adjiep, juga Anggota DPD Basri Salama, S.Pd., DR. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc., Prof. DR. Ir. Hj. Damayanti Lubis, Dra. Hj. Eni Khairani, M.Si., Rosi Uli Purba, Fabian Richard Sarundajang dan Andrianus Garu, SE.,MS.

Menurut Adjiep, DID itu jumlahnya cukup banyak yaitu Rp10 triliun tahun 2019, dan naik menjadi Rp15 triliun tahun 2020. "Berebutlah pimpinan daerah ke pusat. Tentu dengan melakukan lobi. Cara mendapatkan l dengan mengajukan proposal ke kementerian terkait dan Kemenkeu," kata Adjiep Pandindang.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, Sumbar dengan jumlah APBD hampir Rp7 triliun, sangat tergantung pada dana pusat. Sebab masih kecilnya Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena itu dorongan dari Anggota DPD untuk menambah jumlah bantuan kepada Sumbar, sangat diharapkan.

Pertemuan Komite IV DPD RI dengan Pemprov bersama OPD dan Bupati/Walikota penuh dengan aspirasi dan masukan soal bantuan dari pusat.

Pada pertemuan ini dilakukan tukar cindera mata. Anggota DPD RI yang juga Wakil Ketua DPD Prof. Damayanti Lubis menyerahkan plakat kepada Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit.(gk)