Laporkan, Jika Ada Polisi Nakal Soal Dana Desa

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Laporkan, Jika Ada Polisi Nakal Soal Dana Desa

Kamis, 05 September 2019
Tanda tangan pembentukan Sekretariat Bersama Dana Desa antara Dinas PMD dan Polda Sumbar.

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, SH.,M.Hum menegaskan, Wali Nagari atau Kepala Desa beserta seluruh perangkat jangan takut melaksanakan pengelolaan Dana Desa. Kehadiran polisi bukan untuk mencari cari kesalahan. Tetapi, polisi justru membantu bersama sama pendamping desa dan Tltenaga ahli agar penggunaan dana desa tepat sasaran dan sesuai aturan.

Penegasan ini disampaikan Kapolda Irjen Fakhrizal ketika menjadi nara sumber pada Rapat Koordinasi Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Rabu (4/9) di Hotel Rocky Bukittinggi.
Mendampingi Kapolda menyampaikan materi ini Direktur Bimas Polda Sumbar Kombes Pol Nasrun Fahmi, SH., Kadis PMD Provinsi Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., Sekretaris Dinas PMD Drs. Armen, MM dan Kordinasi Pendamping Wilayah Khairul Anwar, SH.,MH

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, kehadiran polisi dalam pelaksanaan dana desa mestinya untuk membantu, bukan untuk membuat takut. Kalau pun ada kesalahan, polisi akan mengarahkan pembinaannya kepada Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Kalau APIP nya tidak mampu, maka akan diserahkan kepada aparat penegak hukum.

Dalam sesi tanya jawab, Wali Nagari menanyakan ada Bhabin Kamtibmas yang meminta pertanggungjawaban dana Ddesa.

Atau ada pula pengaduan masyarakat tentang dana desa yang langsung saja diproses polisi. Menanggapi ini Kapolda menanyakan langsung kepada Kapolres daerah tersebut dan menegaskan bahwa seluruh masalah dana desa wajib ditangani APIP terlebih dahulu.

"Kalau ada anggota saya yang nakal, misalnya mencari cari kesalahan dalam pengelolaan dana desa ini, atau mungkin main mata dengan perangkat desa, silahkan laporkan kepada saya untuk ditindak," kata Irjen Pol Fakhrizal.

Dalam kesempatan Rakor ini, Polda Sumbar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat menandatangani Pembentukan Sekretariat Bersama tentang Pengawasan, Pencegahan dan Penanggulangan Masalah Dana Desa. Dari Polda, Sumbar ditandatangani oleh Direktur Bimas Kombes Pol Nasrun Fahmi, SH., M.Si dan dari Dinas PMD oleh Kepala Dinas Drs. H. Syafrizal, MM yang disaksikan oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fahkrizal. (gk)