Padang Pariaman Peringati Haornas, Ini Pesan Bupati

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Padang Pariaman Peringati Haornas, Ini Pesan Bupati

Selasa, 10 September 2019
.

Enam Lingkung, fajarsumbar.com Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni hadir bersama Ketua TP-PKK Dra. Hj. Rena Sofia memeriahkan Implementasi GERMAS ke-2 sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 di Lapangan Bola Parit Malintang, Selasa (10/09).

Bupati Ali Mukhni dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya atas terselenggaranya acara tersebut kedua kalinya setelah di V Koto Kampung Dalam. Ia mengaku, selalu berolahraga setiap pagi itu mengajak seluruh masyarakat Padang Pariaman untuk selalu menyempatkan diri untuk berolah raga, minimal 30 menit.

"Salah satu indikator hidup sehat yakni rela mengorbankan apapun demi kesehatan yang sejalan dengan lima indikator Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yaitu aktivitas fisik, budaya makan buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban sehat, kata mantan Guru Olahraga SMA itu.

Seiring dengan indikator Germas tersebut, Ali Mukhni mengajak masyarakat untuk melakukan peningkatan aktifitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan peningkatan hidup sehat.

"Untuk tahap ke-2 ini lokus pelaksanaan Germas di Kabupaten Padang Pariaman adalah Kecamatan Enam Lingkung, sebelumnya dilaksanakan di V Koto Kampung Dalam. Untuk kegiatan berikutnya diadakan di Nagari Lareh Nan Panjang kecamatan Sungai Sarik," tambahnya.

Bupati yang pernah jadi pelatih sepakbola itu mengatakan, implementasi Germas hari itu sekaligus memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2019 tingkat Kabupaten Padang Pariaman yang diperingati setiap tanggal 9 September.

"Tahun ini Haornas bertemakan 'Ayo Olahraga, Dimana Saja dan Kapan Saja' hal ini sejalan dengan Germas dimana kita dianjurkan rutin melaksanakan gerak atau aktivitas fisik," tambahnya.

"Kami sering menghimbau untuk melaksanakan hidup sehat. Hidup sehat hendaknya diawali dari diri pribadi. Kalau kita semua sudah sadar akan kesehatan, maka hidup sehat dapat dilaksanakan," hematnya.

Bupati juga berharap, agar semua lapisan masyarakat berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga kesehatan baik itu kesehatan pribadi maupun lingkungan sekitar, harapnya.

"Kepada yang masih merokok, mulailah untuk berhenti merokok setidaknya jangan kotori udara sekitar dengan asap rokok kita. Apalagi kita sudah punya Perda Kawasan Tanpa Rokok No. 4 tahun 2017," katanya mengingatkan.

"Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur minimal satu mangkok untuk satu orang agar asupan gizi dalam tubuh dapat terpenuhi dan seimbang," ujarnya mengakhiri. 

Dalam kegiatan itu, turut hadir Sekda Jonpriadi, SE, MM, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat Syafwan, S.KM, M.Kes, Kepala OPD se Padang Pariaman, Camat, Wali Nagari, ASN Padang Pariaman, pelajar SMP dan SMA serta tokoh masyarakat Parit Malintang. (r/saco)