Payakumbuh Agro Expo 2019 Bakal Dibuka Walikota Riza Falepi

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Payakumbuh Agro Expo 2019 Bakal Dibuka Walikota Riza Falepi

Jumat, 13 September 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com  - Kegiatan Payakumbuh Agro Expo 2019 yang diselenggarakan oleh Gabungan Asosiasi Pelaku Usaha Tani dan Komunitas Pecinta Hobi Kota Payakumbuh, direncanakan bakal dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Selasa (17/9).

Kegiatan berlangsung sebulan penuh di Pasar Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara.

"Ya, insya Allah dibuka oleh Wali Kota Riza Falepi. Tapi kita sudah mulai kegiatan sejak 10 September sampai 10 Oktober 2019," ujar Ketua Panitia Payakumbuh Agro Expo 2019, Joni Safasni, Jumat (13/9).

Joni Safasni yang akrab dipanggil Mosir itu menyampaikan, kegiatan Expo ini bertujuan sebagai ajang promosi dan pameran bagi produk maupun potensi pertanian, perkebunan, dan peternakan dari Payakumbuh.

"Di sini akan ditampilkan produk-produk pertanian Payakumbuh mulai dari holtikultura seperti cabe dupa, bawang lokananta, P50K, olahan labu, dan seterusnya," tuturnya.

Tak hanya berupa produk pertanian dan perkebunan, hewan peliharaan dan kesayangan seperti merpati, reptil, dan seterusnya juga bakal ditampilkan.

"Makanya selain komunitas pertanian seperti komunitas kopi, komunitas tanaman hias, komunitas petani jeruk, pepaya, bawang, cabe, dan Persatuan Petani Organik Sumbar, kami juga mengundang komunitas reptil, komunitas merpati, serta komunitas hewan kesayangan lainnya," kata Mosir.

Ketua Forum Komunikasi Petani Peduli Payakumbuh (FKP3) itu berharap agar kegiatan Payakumbuh Agro Expo ini menjadi kalender tahunan oleh Pemko Payakumbuh untuk memperkuat posisi bidang pertanian sebagai penopang utama perekonomian Kota Payakumbuh.

"Expo ini juga membangkitkan semangat generasi muda untuk membangun pertanian termasuk pengembangan hobinya," ucap Mosir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra mengapresiasi pihak panitia yang telah berinisiatif mengangkatkan kegiatan ini. "Dinas Pertanian siap mendukung kegiatan ini dan tahun depan bisa dianggarkan dalam APBD kita," ucapnya.(ah)