Pengurus DPW-DPD AGPAII Sumbar Dikukuhkan, Guru Pendidikan Agama Sudah Saatnya Bekerja Cerdas

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Pengurus DPW-DPD AGPAII Sumbar Dikukuhkan, Guru Pendidikan Agama Sudah Saatnya Bekerja Cerdas

Senin, 09 September 2019
Foto bersama seusai pelantikan

PADANG - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), Provinsi Sumbar untuk periode 2017-2022 resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Umum DPP AGPAII, DR. Mahnan Marbawi di aula kantor gubernur, Sabtu (7/9).

Pengukuhkan dihadiri selain Ketua Umum DPP AGPAII juga dihadiri Sekjen, Ahmad Budiman, gubernur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri, SE, M.Si, dan para tamu undangan lainnya. Pada pengukuhan pengurus juga diadakan seminar nasional yang dihadiri 667 peserta dari 16 kabupaten dan kota se-Sumbar.

Adapun susunan dewan pengurus wilayah (DPW) AGPAII Provinsi Sumbar untuk masa bakti 2017-2022 tersebut yakni Ketua Umum DPW AGPAII dijabat Rimelfi, S.Pd.I,MM,MA, Ketua I, Afrizal, S.Ag,M.Pd, Ketua II, Syufriadi Aziz, S.Ag, Ketua III, Kekanwil MA. Sedangkan Sekretaris Umum dipercayakan kepada Hendrayadi, M.PdI, Sekretaris I, Junaidi Panusunan, MA, Wakil Sekretaris II, Hendrizal, MA, dan Wakil Sekretaris II, Elfianti Umar, MA.

Bendahara Umum, Zahroni, S.Ag, M.Pd, Wakil Bendahara I, Santi Ramadhani, MA, Wakil Bendahara II, Umar, MA dan Wakil Bendahara III, Admiral Wira Diharga, S.PdI.

Pada pengukuhan DPW dan DPD AGPAII Sumbar tersebut juga diadakan seminar nasional dengan tema “Guru PAI digital di era milenial’. Juga menampilkan pemeran karya inovatif, karya tulis, inovasi digital GPAI Sumbar. 

Ketua Umum DPP AGPAII,  Mahnan Marbawi mengatakan, kebaradaan AGPAII sebagai rumah besar bagi seluruh guru agama yang ada di Indonesia, sebuah wadah yang nantinya akan menampung semua aspirasi serta inovasi yang mereka miliki untuk dicari solusinya secara bersama.

Ketua Umum DPP AGPAII, Mahnan Marbawi disambut dengan siriah dalam carano

Mahnan pun menaruh harapan besar kepada AGPAII Sumbar sebagai wadah bagi berkumpulnya pemikir dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi, memberdayakan potensi sebagai Ikhtiar guna mengembangkan mutu pendidikan berkarakter.

Menurutnya, tujuan berdirinya AGPAII yang terdiri tiga elemen penting itu, pertama bagaimana menanamkan pendidikan agama yang moderat, kedua menguatkan ideologi Pancasila di tengah ancaman ideologi trans nasional, ketiga menjaga keutuhan NKRI. Untuk itu AGPAII Sumbar harus bersinergi dari semua pemangku kepentingan.

Sementara itu, gubernur yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Adib Alfikri mengatakan, pada era milenial saat ini guru pendidikan agama sudah saatnya untuk bekerja cerdas bukan hanya untuk bekerja keras. Guru pendidikan agama jangan sampai alergi dengan perkembangan zaman di era milenial sekarang, seperti halnya dengan Hand phone (HP) yang nota bene sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini. 

Penandatanganan seusai pelantikan pengurus

Disebutkan, cara belajar dan mengajar dua puluh tahun yang lalu tidak cocok lagi diterapkan pada era milenial saat sekarang ini. Maka guru-guru yang tergabung dalam AGPAII dituntut untuk bekerja cerdas adanya dengan tidak menghilangkan jati diri sebagai guru agama.(Andy)