Peringatan Hari Pramuka Tingkat Sumbar 2019 Bakal Digelar Di Tanah Datar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Peringatan Hari Pramuka Tingkat Sumbar 2019 Bakal Digelar Di Tanah Datar

Rabu, 04 September 2019

Tanah Datar,fajarsumbar.com-- Hari gerakan kepanduan (Pramuka) diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Di tahun 2019 ini Pramuka genap berusia 58 tahun dan untuk tingkat Sumatera Barat bakal diperingati di Bumi Perkemahan Istano Basa Pagaruyung.
Hal yang membanggakan bagi Kabupaten Tanah Datar, karena dipercaya menjadi tuan rumah hari gerakan kepanduan ini yang puncaknya bakal diperingati pada tanggal 14 September mendatang.
Amrel Amir Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Barat saat peninjauan lokasi, Selasa (03/09) di Istano Basa Pagaruyung kepada humas, membenarkan jika Tanah Datar dipilih sebagai tuan rumah.
"Tahun ini Tanah Datar (Kwarcab 0304) kita tetapkan selaku tuan rumah peringatan hari pramuka pada tanggal 14 September mendatang karena ini juga sekaitan dengan giat prestasi yang akan dimulai sebelum hari puncak tersebut," ucapnya.
Amrel menyebutkan giat prestasi yang dirangkai dengan hari pramuka ini akan diadakan berbagai kegiatan dan lomba seperti pionering, PBB, dan MSQ dari Pramuka Penggalang semua kwarcab se-Provinsi Sumatera Barat.
"Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai dari tanggal 11 September, dan dari hasil peninjauan lokasi yang kami lakukan mulai dari bumi perkemahan sebagai lokasi perkemahan, dan pelataran Istano Basa Pagaruyung yang juga akan dipergunakan untuk kegiatan upacara dan peringatan hari pramuka, saya rasa ini sangat mendukung sekali dan sangat strategis," ucapnya.
Amrel menambahkan bahwa pada hari puncak nanti akan ada pemberian penghargaan dari Pengakap dari Sabah dan Serawak Malaysia kepada Kakwarda Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati Tanah Datar dan beberapa tokoh lainnya.
Sementara untuk tamu-tamu yang akan datang selain dari Malaysia, disebutkannya juga dari Kwarda Kalimantan Barat dan dari Kwarnas. Untuk peserta dari 19 kabupaten dan kota dikatakannya lebih kurang 400 orang, termasuk tamu, kwarda dan kwarcab lebih kurang ada 800 hingga 1.000 orang total keseluruhan.
Edward Syahramli wakil ketua pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Tanah Datar menjadi tuan rumah giat prestasi dan hari pramuka.
"Kita sudah lihat titik-titik lokasi kegiatan, saat ini tinggal pematangan dan peserta yang akan ikut dari berbagai kwarcab se-Sumbar juga sudah mendaftar," ucap Edward.
Sementara itu Sekretaris Kwarcab 0304 Tanah Datar Revol Desman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kwarda Prov. Sumbar yang telah memusatkan kegiatan di Tanah Datar.
Revol Desman menambahkan pada saat acara nanti dalam rangka mengurangi sampah plastik maka setiap peserta akan menggunakan tumbler, dan itu merupakan bantuan dari PT. Semen Padang sebanyak 1500 buah tumbler. (adek)