SMPN I Raih Sekolah Sadar Hukum

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

SMPN I Raih Sekolah Sadar Hukum

Senin, 16 September 2019
Kepala SMP1 P.PAnjang mnerima piagam ( photo ; Kominfo PP)

Padang Panjang ,fajarsumbar.com- Kata "Hukum" memiliki penjabaran yang sangat banyak. Di sekolah, guru pasti memberikan pengajaran tentang hukum yang terdapat pada pelajaran PKN. Akan tetapi semua hal yang diajarkan, tidak semua diimplementasikan oleh siswa di dalam kehidupan sehari-hari. Makna hukum tidak hanya terdapat pada masalah yang besar melainkan bermula dari hal kecil. Hal tersebut harus disadari oleh guru maupun siswa di sekolah.
Untuk meningkatkan kesadaran siswa dan masyarakat sekolah tentang sadar hukum, Sekolah Menengah Pertama Negeri I (SMPN 1) Padang Panjang memberikan penerapan terhadap siswa dan warga sekolah tentang sadar hukum.
Indikator yang menjadi acuan pada program ini diantaranya, sekolah yang terbebas dari narkoba atau rokok, bebas dari bully, bebas dari pungutan liar, serta tidak mencontek.
Penerapan itulah dilakukan oleh Kepala SMP N I Padang Panjang Rita Yanti, S.Pd bersama guru di sekolah kepada siswanya.
"Sebenarnya penerapan hal tersebut kepada siswa tidak lah sulit, karena indikator tersebut juga termasuk dalam peraturan sekolah, nah yang kami lakukan agar itu terlaksana, kami membentuk kelompok sadar hukum di masing-masing kelas yang langsung dibimbing oleh guru PKN," ujar Kepala Sekolah saat di ruang kerjanya beberapa hari lalu.
Dengan penerapan inilah, SMPN I Padang Panjang mendapat penghargaan Sekolah Sadar Hukum tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019.
Mendapatkan penghargaan Sekolah Sadar Hukum ini tentunya tak lepas dari dukungan dari Pemerintah Kota Padang Panjang, tak lupa juga sinergi dari Kejaksaan ke sekolah dengan memberikan penyuluhan kepada siswa, dari Kepolisian, Pajak, Satpol PP bahkan Damkar.
"Kami sangat bangga dengan siswa SMPN I ini karena rasa ingin tahu dan kemauannya yang tinggi untuk mendapatkan suatu pengajaran sangatlah kuat, tidak hanya di bidang akademik melainkan di bidang prestasi, spiritual dan sosial, sehingga prestasi demi prestasi mereka raih," paparannya.
Salah satunya, Marisa Dava Kumairah (atlet berprestasi cabang Karate) dan Annisatul Fadila (bintang sains mata pelajaran matematika). Mereka berdua berhasil mengharumkan nama sekolah dan Kota Padang Panjang hingga tingkat kota dan nasional.
Marissa sendiri terakhir berhasil meraih Juara II karate kategori kata dan komite pada O2SN tingkat Kota, tak hanya itu dia juga meraih juara I nasional. Sementara Annisa berhasil meraih juara I bintang sains yang dilaksanakan Padang Tv beberapa waktu lalu.
"Prestasi ini kami sembahkan untuk kedua orangtua yang selalu mendukung dan mensupport setiap hal positif yang kami lakukan, semoga kami bisa membanggakan dan membahagiakan mereka," ujar Marissa dan Annisa.(adek)