7 Januari 2020 RSUD Sungai Dareh Beroperasi -->

iklan halaman depan

7 Januari 2020 RSUD Sungai Dareh Beroperasi

Kamis, 03 Oktober 2019
.

Dharmasraya Fajarsumbar.com - Diperkirakan 7 Januari 2020 ini, tepatnya HUT Dharmasraya ke-16, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh akan beroperasi secara maksimal. Hal ini sesuai dengan tekad Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Wabup H Amrizal Dt Rajo Medan sejak awal menjadi pemimpin daerah mekar tersebut. 

Tekad pasangan duo sosok pemimpin dalam  menyelesaikan bengkalai pembangunan gedung RSUD Sungai Dareh, yang telah menelan uang rakyat ratusan milyar rupiah itu. Tetap menjadi akan menjadi program prioritas. Pasalnya kesehatan merupakan hal penting dalam membangun sumber daya manusia (SDM). 

"Pokoknya saat ulang tahun kabupaten Dharmasraya ini, bangunan gedung RSUD yang baru telah beroperasi," sebut Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan belum lama ini. 

Tenggat waktu diberikan bupati termuda itu kepada pihak terkait, tidaklah mudah untuk direalisasikan. Apalagi dalam perburuan dana ke pusat. Tentunya perlu lobian lebih  diintensifkan. Sedangkan dalam perencanaan dan pekerjaan harus terus diburu, agar tepat waktu. 

Sesuai dengan tekad Bupati dan Wabup, bahwasanya penyelesaian RSUD Sungai Dareh, merupakan langkah kemanusiaan dan langkah penyelamatan guna untuk meningkatkan layanan kesehatan.

Upaya dilakukan ini, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman dan handal, pada ruangan yang bersih pula, dan transportasi lancar.  
Selain itu, ketersediaan peralatan kesehatan memadai, sehingga selama proses pengobatan, masyarakat tidak lagi dirujuk ke luar daerah.

"Kalau ada warga kita sakit berat,  mereka tidak perlu lagi dirujuk keluar daerah, cukup di Dharmasraya saja. Karena daerah sudah memiliki rumah sakit besar dan lengkap," tambah Raja Muda Kito Besar itu.

Ia juga menyebutkan, jangankan bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, kalau sudah berurusan ke rumah sakit luar daerah, tentu akan sangat berat bagi ekonomi golongan atas sekalipun

Dengan alasan tersebut, maka dirinya bersama Wabup selalu berburu anggaran ke pusat, terutama ke Gedung Kementerian Kesehatan, Bappenas dan gedung Kementerian Keuangan, sehingga pemerintah pusat kemudian bersedia mengucurkan dana untuk penyelesaian pembangunan RSUD Sungai Dareh. (Syaiful Hanif)