Anak Remaja Perlu Kelompok Peduli Kesehatan, Ini Kata Kadiskes Payakumbuh

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Anak Remaja Perlu Kelompok Peduli Kesehatan, Ini Kata Kadiskes Payakumbuh

Selasa, 15 Oktober 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com  - MTSN 1 Payakumbuh dikunjungi Puskesmas Ibuh bersama Komisi Pnanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh dalam program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) pada Selasa (15/10).

Program ini dirancang oleh Pemko Payakumbuh dibawah Kepemimpinan Riza Falepi untuk dapat dijalankan oleh masing-masing puskesmas di wilayah binaan nya. Ini adalah program khusus untuk pelayanan kesehatan bagi siswa usia sekolah remaja, dan sudah 6 kali dilaksanakan pada tahun ini sejak 28 Oktober 2019.

"Beberapa sekolah yang sudah kita kunjungi dalam PKPR ini antara lain SMA Nusantara, MAN 2, SMAN 4, SMKN 1, Mahad Islami, dan MTSN Koto Nan Ampek," kata Dr. Fadlan selaku Kepala Puskesmas Ibuh.

Didalam Program ini terdapat materi tentang seputar kesehatan reproduksi remaja dan juga bagaimana anak-anak usia sekolah mampu untuk menjaga kesehatan diri sendiri secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal menyebutkan PKPR merupakan kegiatan strategis yang dikembangkan dalam dunia kesehatan, dimana anak-anak remaja yang sudah mengerti dengan kesehatan tidak akan mencoba kegiatan-kegiatan beresiko.

"Mereka akan diberikan pemahaman sehingga tidak akan merokok, meminum minuman beralkohol, begadang malam, dan nanti ujung-ujungnya melakukan pergaulan bebas," kata Bakhrizal menjelaskan.

Ditambahkan juga nantinya para siswa akan membentuk komunitas tertentu dibidang kesehatan, seperti kelompok donor, kelompok anti rokok, anti narkoba, anti kekerasan ataupun anti tawuran, dan disana dibangun penguatan kepada remaja sekolah.

"Ini juga merupakan bentuk kegiatan lain, kelanjutan dari Saka Bakti Husada, Kota Payakumbuh sudah menjalankan setiap tahun dan melombakan kegiatan ini," kata Bakhrizal. (Ah)