Anggota DPRD Sarolangun Belajar ke DPRD Bukittinggi

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Anggota DPRD Sarolangun Belajar ke DPRD Bukittinggi

Jumat, 04 Oktober 2019
.

Bukittinggi, fajarsumbar. com - Anggota DPRD Sorolangun, Jambi kunjungi DPRD Bukittinggi demi menambah wawasan tentang pajak dan distribusi.

Ali pimpinan rombongan kepada  fajarsumbar.com di DPRD Bukitttinggi mengatakan, bahwa Kabupaten Sorolangun masih tergolong baru, sekitar 20 (dua puluh) tahun dengan PAD Rp120 miliar, Jumat (4/10)

Sebagai yang dipercaya duduk di Komisi ll bahagian ekonomi dan pembangunan , sangat prihatin melihat perkembangan ekonomi masyarakat di Sorolangun Jambi.

Selama ini masyarakat mengandalkan ekonomi bergantung kepada Karet dan Sawit, sekarang prodak unggulan tersebut anjlok. Harga karet dipetani dihargaia Rp. 6.000.-/ kg sementara sawit dipetani Rp.700,-/ kg, kondisi ini sudah cukup lama terjadi ditambah musim kemarau yang lama karet tidak produktif harga murah, umurnya juga banyak yang sudah tua 25  s/d 30 tahun.

Kita bukan tutup mata atau melegalkan penebangan liar atau tambang emas elegal,  namun kondisi ekonomi masyarakat yang terpuruk sehingga hal itu terjadi.

Sorolangun juga mempunyai potensi objek- objek wisata yang belum tergarap, diantaranya ada air terjun Calopetak, arung jeram yang pernah dilaksanakan tingkat nasionaldan Suku Anak Dalam dengan segala keunikan adat dan budayanya.

Kendala dari objek-objek wisata ini, infrastruktur yang belum memadai. Dimana jaraknya yang mencapai 60s/80 km dari pusat kota.

Untuk pengembangan objek wisata ini, sengaja kami dari komisi ll DPRD Sorolangun berkunjung ke Bukittinggi yang telah sukses mengangkat perekonomian masyarakatnya dengan kepariwisataan. ,sekaligus menimba ilmu tentang pajak dan distribusi.

Walaupun Sorolangun saat ini ekonomi masyarakat petaninya sedang jatuh, namun kita punya harapan akan dibangunnya Pabrik Semen Baturaja, yang pembebasan lahannya sedang dilaksanakan, yang akan menyedot ribuan tenaga kerja tuturnya.

Selasai pertemuan dengan DPRD  Bukittinggi yang diterima Syafril  dan Harman Syofian (Ketua DPRD) , rombongan akan berkunjung keberbagai objek wisata yang ada di Bukitttinggi sebelum kembali ke Sorolangon katanya. (gus)